Acara Hasupa Hasundau di Kecamatan Tualan Hulu Berlangsung Meriah

IST/BERITA SAMPIT - Damang Kepala Adat Tualan Hulu, bersama Bupati Kotim Halikinnor pada acara Hasupa Hasundau.

SAMPIT – Acara Hasupa Hasundau yang digelar oleh kedamangan adat Kecamatan Tualan Hulu, Desa Sebungsu, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) berlangsung meriah. Acara tersebut juga dihadiri oleh Bupati Kotim Halikinnor, Minggu 13 November 2022.

Leger T Kunum, Damang Kepala Adat setempat juga sekalu keluarga besar syukuran itu merasa sangat bersyukur dan berterimakasih serta mengapresiasi kehadiran orang nomor satu di Kotim itu sehingga berlangsung meriah dan lancar sesuai harapan masyarakat adat dayak di sana.

BACA JUGA:   Kurang dari Sepekan, Peristiwa Pencurian Helm Terekam Kamera CCTV 

“Kami tentu sangat mengharapkan bantuan dan dukungan dari pemerintah kabupaten dalam menjalankan pemerintahan lembaga adat dayak di Kecamatan Tualan Hulu,” kata Leger kepada Halikinnor.

Pihaknya sangat senang dan bersemangat setelah mendapat dukungan dari pemerintah kabupaten dalam menerapkan hukum adat dayak yang selama ini menurutnya kurang diperhatikan.

Sementara itu dalam sambutannya Bupati Kotim Halikinnor mengakatakan bahwa pihaknya mendukung penuh kelembagaan adat dayak di Kotim, terutama di Kecamatan Tualan Hulu.

BACA JUGA:   Kerusakan Jalan Poros Cempaga Seranau Diperbaiki

“Kita mendukung kelembagaan adat dayak yang sudah seharusnya kita dukung dalam mempertahankan budaya adat istiadat tradisi dan kearifan lokal yang kita miliki,” bebernya.

Menurut Halikinnot adat dayak yang merupakan warisan berharga, sehingga adat budaya menurutnya jangan sampai hilang ditelan kemajuan zaman dan  kecanggihan teknologi harus diwariskan secara turun temurun untuk anak cucu dan generasi penerus.

(Jmy)