Siswa SDN 6 Mentawa Baru Hulu Latihan Gerakan Semafor

NARDI/ BERITA SAMPIT- Siswa-siswi SDN 6 MB Hulu sangat antusias dan semangat berlatih gerakan semafor.

SAMPIT – SDN 6 Mentawa Baru Hulu melaksanakan kegiatan ekstra kulikuler (ekskul) pramuka, yang dilaksanakan di halaman sekolah setempat, Sabtu 19 November 2022.

Kepala SDN 6 Mentawa Baru Hulu melalui Guru Pembina Pramuka, Lukman menyampaikan pada ekskul kali ini para siswa diberikan materi semafor.

“Mengenalkan penggunaan bendera semafor sebagai komunikasi jarak jauh,” kata Lukman saat melatih siswa melakukan gerakan semafor.

Lukman menyampaikan semafor adalah suatu cara untuk mengirim dan menerima berita dengan menggunakan bendera, dayung, batang, tangan kosong atau dengan sarung tangan.

BACA JUGA:   Disdik Kotim Terima Penghargaan dari Balai Bahasa Kalteng Dalam Revitalisasi Bahasa Daerah

Informasi yang didapat dibaca melalui posisi bendera atau tangan. Namun kini yang umumnya digunakan adalah bendera, yang dinamakan bendera semafor.

“Metode yang diajarkan agar siswa mudah menghafal adalah membagi abjad beberapa kelompok,” imbuhnya.

Ia melanjutkan kelompok A sampai G, kelompok H sampai N, kelompok O sampai S dan T sampai Z. Karena posisi bendera dalam kelompok itu mirip, sehingga mereka dalam menghafal 26 abjad hanya perlu mengingat dasar kelompoknya jadi lebih mudah mengingatnya.

BACA JUGA:   Siswa Bagikan Takjil, Kadisdik Kotim: Menanamkan Pendidikan Karakter

Selain itu semafor juga bisa divariasikan lewat tarian-tarian sehingga menjadi indah dan menarik dan biasanya ditampilkan dalam lomba.

Kegiatan ekskul rutin dilaksanakan setiap Sabtu ini wajib diikuti seluruh siswa SDN 6 Mentawa Baru Hulu. Dirinya berharap siswa mengikuti pramuka bisa lebih kreatif, mandiri, disiplin dan pembentukan karakter siswa tertanam dengan baik sesuai tujuan kurikulum merdeka yaitu siswa bebas belajar dari bidang apa saja. (Nardi)