SMP Negeri 1 Kota Besi Ingatkan Siswa Stop Kekerasan

IST/BERITA SAMPIT- Siswa-siswi SMP Negeri 1 Kota Besi saat senam di halaman sekolah

SAMPIT – Sebelum pelajaran dimulai, selain upacara bendera pada hari Senin siswa-siswi SMP Negeri 1 Kota Besi juga rutin mengikuti apel di lapangan dengan diisi berbagai kegiatan seperti absensi, literasi, sholawat, dan doa bersama sebelum memulai aktifitas belajar. Termasuk menyampaikan nasihat-nasihat dalam belajar, menjaga lingkungan tetap aman dan nyaman, melalui program stop kekerasan didunia pendidikan antara lain penganiayaan, pelecehan, perundungan, bullying, baik verbal maupun nonverbal, dan hal-hal yang melanggar norma hukum dan agama.

BACA JUGA:   Beasiswa Gerbang Mentaya Tuai Kritik Keras dari Kalangan Mahasiswa

Kepala SMP Negeri 1 Kota Besi Anjar Subiantoro menambahkan setiap pagi siswa diiimbau belajar rajin dan sungguh-sungguh, juga dilaksanakan senam pada hari Jumat kemudian dilanjutkan bersih-bersih gotong rotong siswa memungut sampah yang berserakan, menjaga lingkungan tetap bersih dan asri

“Semuanya untuk meningkatkan karakter siswa berdasarkan profil pelajar pancasila harus tertanam nilai-nilai pancasila,” ujarnya, Sabtu 19 November 2022.

Siswa juga diminta harus bisa mengatur waktu sebaik-baiknya, belajar, istirahat, membantu orang tua, beribadah, digunakan waktu untuk kegiatan positif tidak dibuang sia-sia setiap harinya.

BACA JUGA:   Disdik Kotim Instruksikan Sekolah Implementasikan Pendidikan Antikorupsi 

“Salah satunya dengan kegiatan literasi setiap pagi, siswa membacakan kesimpulan dari buku yang telah mereka baca diwaktu luang mereka, disampaikan di halaman bergantian diwakili tiga orang dari kelas VII, VII dan XI,” pungkasnya.

Sekolah yang beralamat di Jalan Tjilik Riwut Km17 Kota Besi Hulu, Kecamatan Kotabesi, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) ini memiliki sekitar 422 siswa dengan rombongan belajar 14 dan 27 guru.(nardi)