Koordinasi dan Sinergi Penting Dalam Pembangunan Perkebunan Kelapa Sawit Berkelanjutan

IST/BERITA SAMPIT - Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kalteng, Leonard S. Ampung.

PALANGKA RAYA – Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kalimantan Tengah, Leonard S. Ampung membuka secara langsung Workshop Rencana Aksi Daerah Perkebunan Kelapa Sawit Berkelanjutan (RAD PKSB) Kalteng, di Hotel Best Western Batang Garing Palangka Raya, Senin 21 November 2022.

Dalam sambutannya Dia menyatakan, bahwa workshop ini merupakan sarana yang baik sebagai wadah evaluasi bersama atas hasil pembangunan yang telah dicapai yaitu terkait pembangunan perkebunan kelapa sawit berkelanjutan.

BACA JUGA:   Langkah Muhammad Syauqie untuk Menjadi Gubernur Kalteng Terhalang Ini

“Oleh karena itu, saya mengharapkan adanya koordinasi dan sinergi yang baik antar stakeholder terkait, terutama dalam pelaksanaan Peraturan Gubernur Kalimantan Tengah Nomor 53 Tahun 2020 tentang RAD PKSB Kalimantan Tengah Tahun 2020-2024,” katanya.

Leonard meminta agar para peserta workshop mendiskusikan hal-hal urgent dalam RAD PKSB di Kalteng, seperti aspek legalitas lahan, aspek kemitraan perusahaan dengan masyarakat sekitar kebun, aspek budidaya kelapa sawit, aspek sarana dan prasarana, serta aspek hilirisasi dan pemasaran.

BACA JUGA:   Survei Indopol: Calon Bupati Kobar 2024 Rakhman Ebol Bersaing Ketat dengan Petahana

“Saya harapkan aspek-aspek tersebut menjadi perhatian kita bersama sebagai upaya kita semua dalam melakukan inventarisasi terhadap lahan-lahan pekebun sawit yang terindikasi dalam kawasan hutan, karena inti dari RAD PKSB adalah dalam rangka peningkatan produksi sawit dan peningkatan legalitas lahan para pekebun,” tandasnya. (Hardi).