Ini Harapan SMP Negeri 3 Sampit setelah Penuhi Kriteria Sekolah Adiwiyata 2022

IST/BERITA SAMPIT - Dewan Guru dan para siswa SMP Negeri 3 Sampit saat mengampanyekan pemulihan bumi hijau.

SAMPIT – SMP Negeri 3 Sampit menjadi salah satu dari enam sekolah di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) yang memenuhi kriteria sekolah Adiwiyata Nasional 2022. Dibalik itu, pihaknya banyak menaruh harapan besar.

Menurut Kepala SMP Negeri 3 Hj Siti Khadijah, dengan masuknya SMP Negeri 3 Sampit diantara ratusan nominasi sekolah lainya mengharapkan seluruh warga sekolah termasuk orang tua, tetap harus menjaga kebersihan, keindahan, keasrian lingkungan sekolah, menjaga pola hidup sehat dan bersih, ramah serta sopan.

“Tujuan SMP Negeri 3 Sampit, mengikuti kegiatan Adiwiyata Nasional, untuk menciptakan kondisi yang baik bagi sekolah untuk menjadi tempat pembelajaran dan penyadaran warga sekolah,” bebernya, Selasa 22 November 2022.

BACA JUGA:   Siswa Bagikan Takjil, Kadisdik Kotim: Menanamkan Pendidikan Karakter

Sehingga menurutnya dikemudian hari warga sekolah dapat turut bertanggung jawab dalam upaya penyelamatan lingkungan bagi sekolah dasar dan menengah di Indonesia serta menjadikan lingkungan sebagai sumber belajar.

“Harapannya, agar Pemkab Kotim khsususnya dinas terkait, untuk selalu memberikan pembinaan dan pemenuhan sarana dan prasana agar lingkungan sekolah khususnya dan masyarakat umumnya tetap selalu terjaga, nyaman dan asri. Harapan kepada peserta didik Berdasarkan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Republik Indonesia Nomor 05 Tahun 2013 tentang Pedoman Pelaksanaan Program Adiwiyata,” katanya.

BACA JUGA:   SMP Negeri 1 Sampit Kembangkan Program Literasi, Libatkan Orang Tua Siswa Secara Aktif

Dirinya menjelaskan bahwa sekolah Adiwiyata adalah sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan, dan Program Adiwiyata adalah program untuk mewujudkan sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan, dengan demikian peserta didik, berkarakter cinta lingkungan.

Sementara itu, selain SMP Negeri 3 Sampit juga disusul oleh SD Tjipta Sapiri, SDS Anwar Karim VI, SDS Bumitama SBHE, SMPS 1 Bumitama Antang Kalang dan SMPS Hamparan 2.

(Jmy)