Penerapan Aplikasi E-Kinerja Permudah ASN Menghitung Besar Penerimaan TPP

IST/BERITA SAMPIT - Aplikasi E-Kinerja.

KUALA KURUN – Aplikasi E-Kinerja saat ini tengah diterapkan oleh Pemerintah, baik di daerah dan kota untuk menciptakan sistem pemerintahan yang e-government yang akuntabel dan meningkatkan pendapatan resmi Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau Apartur Sipil Negara (ASN) sesuai dengan kinerja dan beban kerja pegawai.

Selain untuk meningkatkan kinerja organisasi dan aparatur, E-Kinerja memiliki tujuan lain yaitu sebagai salah satu instrumen dalam penataan dan penyempurnaan organisasi, alat ukur prestasi kerja organisasi dan aparatur serta untuk meningkatkan kesejahteraan pegawai.

Penerapan E-Kinerja sendiri diharapkan dapat mendorong terciptanya kompetisi sehat antara aparatur, meningkatkan kompetensi SDM, menumbuhkan kreativitas dan inovasi kerja lebih tinggi serta merekam pekerjaan harian aparatur sesuai dengan jabatan dan beban kerja masing-masing.

BACA JUGA:   Evaluasi Perencanaan dan Penganggaran Sebagai Upaya Meningkatkan Kinerja Pemerintahan

Untuk itu Bupati Gunung Mas, Jaya Samaya Monong mengungkapkan, terkait dengan sudah dilaksanakan penerapan aplikasi e-kinerja pada Pemerintah Kabupaten Gunung Mas, yang digunakan untuk menghitung besarnya penerimaan Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP).

“Pada kesempatan ini, saya menghimbau kepada Aparatur Sipil Negara dengan adanya aplikasi e-kinerja ini, akan bisa memberikan motivasi kepada ASN, untuk bekerja lebih giat, disiplin, profesional, dan penuh tanggungjawab, sehingga akan berdampak pada meningkatnya kesejahteraan ASN di lingkungan Pemkab Gumas,” jelas Jaya Samaya Monong , Jumat 25 November 2022.

BACA JUGA:   Aksi 1 Analisis Situasi, Upaya Pemkab Gunung Mas Tingkatkan Kualitas Pelayanan Kesehatan untuk Menurunkan Stunting

Penerapan aplikasi e-kinerja di lingkungan pegawai negeri sipil dinilai mampu mendongkrak kinerja pegawai. Dikarenakan aplikasi tersebut menghasilkan dokumentasi kerja pegawai dengan baik dan juga telah terselenggaranya standarisasi penggunaan sistem monitoring database kinerja pegawai.

Selain itu, penerapan E-kinerja juga bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan pegawai berdasarkan perhitungan beban kerja yang dikonversi menjadi tunjangan penghasilan pegawai. (ale).