Pengurus DAD Harus Terus Bersinergi Majukan Dayak

HARDI/BERITA SAMPIT - Suasana kegiatan Rakornis DAD Kalteng.

PALANGKA RAYA – Ketua Umum (Ketum) Dewan Adat Dayak (DAD) Kalimantan Tengah (Kalteng) Agustiar Sabran ingatkan seluruh pengurus DAD di Provinsi Kalteng untuk terus bersinergi dengan semua pihak.

Hal ini disampaikan Agustiar Sabran pada saat pembukaan Rapat Koordinasi Teknis (Rarornis) DAD Kalteng melalui sambutan tertulis yang dibacakan oleh Wakil Ketua Umum Walter S Penyang, Selasa 29 November 2022, di Hotel Dandang Tingang.

“Mari kita bangun semangat kebersamaan, kerjasama dan koordinasi yang baik antara seluruh pengurus. Begitu pula dengan instansi terkait lainnya, baik dari unsur pemerintah daerah serta seluruh komponen masyarakat adat dalam memperjuangkan hak-hak Masyarakat Adat Dayak, agar hak-hak Masyarakat Adat Dayak di Kalteng semakin lestari dan terjaga,” katanya.

BACA JUGA:   Penduduk Miskin di Kalteng Alami Penurunan 5,22 Persen

Ia menegaskan, keberadaan DAD sebagai Lembaga Adat Dayak yang mengemban tugas dari Majelis Adat Dayak Nasional (MADN), merupakan lembaga koordinasi dan supervisi bagi Dewan Adat Dayak Kabupaten/Kota. Sebab itu, DAD Kalteng memiliki tanggung jawab atas tetap lestari, berdaya guna dan berkembangnya Hukum Adat Dayak, adat-istiadat dan kebiasaan-kebiasaan positif dalam kehidupan Masyarakat Adat Dayak di Kalteng.

Walter menambahkan, salah satu tujuan dilaksanakannya Rakornis DAD Provinsi Kalteng Tahun 2022 ini adalah untuk penyamaan visi dan persepsi terhadap berbagai kebijakan DAD dan juga untuk sinkronisasi perencanaan dan pelaksanaan program kerja DAD Provinsi Kalteng.

BACA JUGA:   OJK Kalteng Cegah Pelaku Seni Jadi Korban Investasi Ilegal

“Baik itu jangka panjang dan jangka pendek. Melalui kegiatan Rakornis saat ini, diharapkan dapat dilahirkan berbagai program kerja dan kegiatan DAD Provinsi Kalteng agar semakin mampu membangun kehidupan anggota Masyarakat Adat Dayak melalui proses pemberdayaan secara demokratis, transparan, partisipatif, akuntabilitas dan transformatif,” tegasnya.

“Saya mengajak kita untuk semakin merapatkan barisan, bersatu padu dan bahu-membahu menjalankan amanah dengan sebaik-baiknya. Tunjukkan kredibilitas dan tanggung jawab kita, dengan membangun kesadaran dan semangat dalam satu semangat untuk mencapai kemajuan, kemandirian dan kesejahteraan, secara material dan spiritual, sebagaimana yang diharapkan,” sambungnya. (Hardi).