Pemda Diminta Lebih Kreatif Gali PAD Gunung Mas 

M.Slh/BERITA SAMPIT - Anggota DPRD Kabupaten Gunung Mas, Untung Jaya Bangas.

KUALA KURUN – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gunung Mas (Gumas) Kalimantan Tengah (Kalteng) meminta kepada Perangkat Daerah terkait agar lebih kreatif untuk meningkatkan potensi Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang berasal dari tambang galian C.

“Karena masih minim kontribusi ini. Kami mengharapkan instansi terkait untuk lebih aktif menggali potensi berupa pajak hasil zirkon (puya), dan galian C lainnya,” terang anggota DPRD Gumas, Untung Jaya Bangas belum lama ini.

Dijelaskannya, perlunya kreatifitas perangkat daerah terkait dalam mencari sumber-sumber pajak di Gumas seperti halnya tambang galian C yang sampai saat ini masih minim dalam menambah nilai pendapatan asli daerah.

BACA JUGA:   Kades Tubang Danau Ditetapkan Sebagai Tersangka Kasus Korupsi Dana Desa

“Realisasi PAD dari objek tambang pasir zirkon dan galian lainnya baik dikelola secara perorangan maupun perusahaan sangat jauh dari potensi tambang galian C yang dimiliki daerah ini, tuturnya.

Lebih lanjut dikatakannya, hampir semua titik di Daerah Gunung Mas memiliki potensi tambang galian C sudah dikelola, namun tidak signifikan dan maksimalnya dalam menambah PAD tersebut.

“Oleh karena itu, agar pemerintah daerah di Gunung Mas harus memaksimalkan penerimaan PAD dari galian C ini pada masa berikutnya, yang mana realisasi PAD Gumas dapat meningkat setiap tahun dan sesuai target, sebut anggota komisi II DPRD Gumas ini.

BACA JUGA:   Pemkab Gunung Mas Bagikan Tanaman Cabai Siap Panen ke Masyarakat 

Legislator dari Partai Demokrat inipun menyebutkan, dengan tidak maksimalnya PAD dari sektor galian C, karena disebabkan rendahnya kesadaran masyarakat atau perusahaan dalam memberikan kontribusi hasil yang di dapat dari pengelolaan tambang.

“Saya berharap agar pemerintah daerah Gunung Mas supaya memaksimalkan penerimaan pajak dari sektor tambang galian C ini jangan sampai lemah, supaya peningkatan PAD kita lebih baik lagi,” tutupnya. (ale)