SMP Negeri 2 Satap Parenggean Diberi Pemahaman Bahaya HIV/AIDS

ANDREA IRAWAN/BERITA SAMPIT - Peringati Hari HIV/ AIDS Sedunia Puskesmas Tualan Hulu Sosialisasi kepada pelajar sekolah sekitar.

SAMPIT – Siswa SMP Negeri 2 Satap Parenggean mendapatkan pemahaman tentang HIV/ AIDS dan Kesehatan Reproduksi dari Tenaga Kesehatan Puskesmas Tualan Hulu, Mariana dan Dewi Susantipada Sabtu 10 Desember 2022.

Kepada siswa tersebut dikatakan epidemi mengerikan ini berkembang sangat cepat dan menjadi keprihatinan dunia. Berbagai program diluncurkan untuk menjawab dan mencari solusi mengatasi permasalahan ancaman perkembangan epidemi ini.

Salah satu sasaran untuk meminimalisir ancaman HIV/AIDS dan Kesehatan Reproduksi adalah sosialisasi secara berkelanjutan khususnya kepada generasi remaja di sekolah.

BACA JUGA:   Terpilih Jadi Anggota DPRD Kalteng, Abdul Hafid: Kemenangan Masyarakat Kotim dan Seruyan

Ada beberapa poin yang dapat diambil dari penyuluhan atau sosialisasi HIV/AIDS dan Kesehatan Reproduksi terhadap remaja di sekolah. Pertama, pemahaman konsep tentang HIV / AIDS dapat dipahami secara proporsional. Kedua, pemahaman tentang hal yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan pada remaja yang mengalami pubertas.

Menurut Mariana sosialisasi HIV/AIDS dan Kesehatan Reproduksi ini dilakukan dalam rangka memperingati Hari HIV/AIDS Sedunia yang diperingati setiap tanggal 1 Desember.

BACA JUGA:   Fajrurahman Sosok yang Patut Diperhitungkan di Pilkada Kotim

Selain itu Mariana juga mengatakan pentingnya remaja mengetahui sejak dini tentang HIV / AIDS dan Kesehatan Reproduksi ini guna mencegah remaja terhindar dari pergaulan bebas karena telah mengetahui sebab akibatnya.

“Selain itu setidaknya informasi tentang penyebaran HIV/AIDS di kalangan remaja khususnya remaja di sekolah serta dapat menambah kontribusi positif penyelesaian masalah kenakalan remaja,” tutur Mariana selaku Koordinator Bidan di Puskesmas Tualan Hulu itu. (ANDREA)