Tamarzam Terpilih sebagai Ketua DAD Barsel 2022-2027

DEDDY/BERITA SAMPIT: Tamarzam saat menyampaikan visi misinya dalam Musda III DAD Barsel 2022.

BUNTOK – Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Kabupaten Barito Selatan (Barsel) periode 2022-2027 Tamarzam mengatakan akan tetap konsisten melanjutkan program yang telah dilaksanakan oleh pengurus sebelumnya dengan beberapa koreksi untuk penajaman-penajaman, kemudian lembaga adat dalam rangka memperjuangkan hak-hak adat.

Kemudian lanjutnya, berharap adanya dukungan pemerintah daerah terkait fasilitas lembaga adat seperti kantor kedemangan dan kantor DAD yang akan menjadi program yang utama.

Hal tersebut disampaikan Tamarzam kepada beberapa awak media, usai gelaran kegiatan Musda III DAD Barsel dan Seminar Hukum Adat Dayak Barsel Tahun 2022, Rabu 21 Desember 2022, di aula Kantor Kecamatan Dusun Selatan (Dusel).

BACA JUGA:   Pemkab Kotim Terima Formasi 1.029 CASN dan PPPK 2024

Dikatakannya, dengan terpilihnya dirinya sebagai Ketua DAD Barsel, tentunya akan mengakomodir semua pihak baik yang lama maupun yang potensial akan dilibatkan sebagai pengurus DAD Barsel periode 2022-2027.

“Yakni dalam bingkai atau filosofi, huma betang belum bahadat NKRI dan mengawal pembangunan IKN Jokowi di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim),” katanya.

“Terkait keinginan kita tahun 2027 DAD tangguh dalam segala hal yaitu sumber daya Dayak  sebagai tuan rumah di negeri sendiri dalam bingkai kebinekaan serta tangguh dalam Sumber Daya Manusia (SDM), serta tangguh dalam fasilitas kepemerintahan, termasuk tangguh dalam menjaga kerukunan NKRI,” imbuh Tamarzam menjelaskan.

BACA JUGA:   BPJS Ketenagakerjaan Gandeng Pihak Kecamatan Sosialisasikan Manfaat Jaminan Sosial

Terkait pembelaan bagi masyarakat menjadi yang prioritas lanjutnya, dikatakan akan ada salah satu komposisi untuk memperkuat advodkasi hukum di DAD Kecamatan Dusel.

“Yang jelas akan memilih orang-orang yang mempunyai kualitas, idealisme dan keberanian dalam pembelaan. Tentunya kita, tidak akan tinggal diam apabila terjadi ketidak adilan dalam masyarakat adat Barsel,” pungkas Tamarzam.

Diketahui, dalam Musda III DAD Barsel tersebut Tamarzam mengalahkan Fransasenoh dengan perolehan suara 7-2. (ded)