Juni Gultom: Dalam Waktu Dekat Pemkab Kobar Akan Melengkapi Fasilitas di Area Bongkar Muat 

IST/BERITA SAMPIT - Plt. Sekda Kobar Juni Gultom, saat memberi sambutan pada acara peresmian Area Bongkar Muat Barang (Abon Muda) di Desa Pasir Panjang.

PANGKALAN BUN – Pemerintah Daerah Kabupaten Kotawaringin Barat, dalam waktu dekat ini akan melengkapi fasilitas di area Bongkar Muat truck-truck di Desa Pasir Panjang Kecmatan Arsel, mengingat memasuki satu bulan setelah Lounching, pergerakan area Bongkar muat begitu padat . Hal tersebut disampaikan, Plt. Sekda Kobar Juni Gultom, Kamis, 29 Desember 2022.

Menurutnya, pasca dimulainya penggunaan areal bongkar muat, setelah di lakukan peninjauan dan evaluasi, ternyata keberadaan areal bongkar muat telah mumpuni, sehingga telah layak untuk dikembangkan.

“Areal bongkar muat telah digunakan sebagaimana mestinya, kedepannya kami akan melengkapi sarana dan prasarana di areal tersebut, seperti gudang, infrastruktur yang memadai bahkan akan kita siapkan juga tempat penginapan untuk bisa digunakan para supir truk , layaknya terminal angkutan yang lengkap dengan fasilitas,” kata Juni Gultom.

BACA JUGA:   Launching Rekam Medik Elektronik RSSI Pangkalan Bun Diwarnai Buka Puasa Bersama

Tujuan di sediakan areal bongkar muat ini, lanjut Juni, agar truk truk yang baru tiba di Pelabuhan Panglima Utar Kumai, tidak melakukan bongkar muat ru bahu jalan, karena akan mengganggu lalu lintas.

“Dengan tersedianya areal bongkar muat ini, tidak ada lagi kegiatan bongkar muat di pinggir jalan, dan yang lebih penting lagi, truk truk yang bermuatan lebih dari 8 ton tidak lagi melintas di areal dalam kota Pangkalan Bun, dengan demikian keberadaan areal bongkar muat ini akan memperpanjang masa pakai jalan, dimana beban jalan hanya 8 ton, sementara angkutan antar pulau sendiri capai 30 ton lebih,” ujar Juni Gultom.

Juni juga menambahkan, bahwa pemanfaatan areal bongkar muat ini, di kawasan eks pabrik jagung yang merupakan aset milik daerah, sehingga pembangunan ini bisa di manfaatkan.

BACA JUGA:   Kapolres Kobar AKBP Yusfandi Usman Menerima Penghargaan Inspiring Profesional and Leadership Awards 2024 dari Asean Choise

“Area Bongkar muat ini, luas areanya mencapai 14 hektare hal ini sangat berpotensial untuk di kembangkan, dan lahan milik daerah ini telah di gunakan sejak tahun 2017, dimana Dinas  Perhubungan Kobar sudah melakukan pembangunan seperti infrastruktur, paving beton untuk parkir, pagar maupun pos Jaga,” imbuh Juni Gultom.

Seraya menambahkan, karena areanya masih sangat luas, sehingga kawasan bongkar muat ini akan menjadi pusat pertumbuhan ekonomi baru, seban bukan hanya untuk bongkar muat, akan tetapi akan di  bangun tempat juga lokasi atau lapal untuk para pelaku UMKM. (Man)