Dewan Minta Pemkab Perhatikan Jaringan Telekomunikasi di Pedalaman

LULUS/BERITA SAMPIT- Rahmat Hidayat, SKM

PURUK CAHU – Anggota Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Murung Raya, Rahmat Hidayat meminta kepada pemerintah kabupaten atau Pemkab agar memperhatikan persoalan akses telekomunikasi bagi warga pedalaman bisa terselesaikan.

Apalagi, kata politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu bahwa saat ini sudah memasuki era digital yang semuanya terbangun dengan sistem internet.

“Kita berharap agar penderitaan masyarakat dalam bidang teknologi informasi dapat teratasi, karena ini persoalan lama yang sampai saat ini belum terpecahkan. Mereka di kampung sudah lama merasakan keterisolasian infrastruktur dasar, jalan, jembatan dan sarana lainnya, termasuk persoalan telekomunikasi ini,” kata Rahmat, Rabu 11 Januari 2023.

Menurutnya, bila desa belum menikmati jaringan telekomunikasi, makanya penduduknya dipastikan kurang mengetahui informasi maupun berita terbarukan.

BACA JUGA:   Doni Siap Bertarung di Pilkada Murung Raya 

Rahmat menyebutkan persoalan mendasar ini setidaknya perlu diatasi dengan segera, mengingat Kabupaten Murung Raya sudah menginjak usia 20 tahun pasca pemekeran dari Kabupaten Barito Utara pada 2002.

“Setidaknya pemerintah tidak hanya memperhatikan infrastruktur dasar saja, namun pada bidang telekomunikasi ini juga harus diperhatikan, mengingat akses telekomunikasi penting, terutama bagi pemerintahan desa, kelurahan dan kecamatan,” sebutnya.

Sedangkan, lanjutnya, sekarang teknologi semuanya serba canggih, orang bisa mengetahui kejadian diluar daerah maupun luar negeri bisa melalui internet, nah sekarang kendala masyarakat kita tidak bisa berkomunikasi maupun menghimpun informasi dari internet melalui smart phone yang sudah serba canggih saat ini.

Keluhan terbatasnya akses komunikasi ini disampaikan hampir sebagian besar warga dari kegiatan kunjungan yang dilakukannya di daerah yang jauh dari kecamatan induk, terutama daerah perdesaan wilayah daerah pemilihan (Dapil) meliputi Kecamatan Seribu Riam, Uut Murung dan Sumber Barito.

BACA JUGA:   Doni Siap Bertarung di Pilkada Murung Raya 

Ia meminta pemerintah daerah menggandeng pihak swasta agar mau membangun sarana komunikasi nirkabel, sehingga akses komunikasi bisa dinikmati semua warga, bahkan letaknya jauh.

Tidak hanya itu, manfaat bagi warga sendiri bila mudanya akses komunikasi tentu memudahkan berbagai aktivitas mereka sehingga tidak sesulit sekarang yang masih ada desa tida bisa dijangkau sinyal seluler.

“Bagi kami sebagai wakil rakyat akses komunikasi lancar juga sangat diharapkan, sebab akan mempermudah komunikasi dengan masyarakat dan mengetahui langsung apa yang dibutuhkan walau terkendala jarak yang jauh,” pungkasnya. (Lulus)