Dewan Ingatkan Lestarikan Seni Budaya Daerah

KAWIT/BERITA SAMPIT - Anggota DPRD Kabupaten Katingan Riming U. Idui.

KASONGAN  – Anggota DPRD Kabupaten Katingan Riming U Idui berharap pemerintah daerah untuk terus memperkuat upaya pelestarian seni budaya daerah agar terus terjaga. Menurutnya, pada sejumlah kecamatan di Kabupaten Katingan, hingga saat ini masih kental dengan seni budaya daerah.

Dia mencontohkan Desa Tewang Kampung Kecamatan Mendawai, memiliki seni budaya tari pesisir dan lawang sekepeng yang selalu ditampilkan diacara penyambutan dan perkawinanan Masyarakat local.

BACA JUGA:   Sekda Sampaikan Pidato Pengantar Bupati Katingan ke DPRD Terkait LKPI Tahun Anggaran 2023

Menurutnya, Upaya pelestarian seni dan budaya daerah harus terus dilakukan agar tidak hilang ditelan zaman. Misalnya dengan menggiatkan sanggar kesenian di kecamatan.

“Kesenian daerah patut terus dikembangkan dan diwariskan secara turun temurun, agar keberadaannya tidak tergerus perkembangan zaman,” kata Riming yang merupakan asli putra Dayak itu. Jumat 26 Januari 2023.

BACA JUGA:   Dewan Minta PPPK Tingkatkan Kinerja dari Mutu Pendidikan dan Kesehatan di Katingan

Dia juga mendukung upaya pelestarian kesenian daerah yang dilakukan pemkab. Bisa dilakukan dengan berbagai program strategis. Selain itu, pelestarian seni budaya memang juga dilakukan masyarakat. Tapi sayangnya masyarakat kerap terkendala minimnya sarana dan prasarana, sehingga menggunakan peralatan seadanya.

“Dukungan pemkab untuk membantu sejumlah alat musik tradisional juga diharapkan dalam rangka pelestarian seni budaya daerah,” tandasnya.

(Kawit)