Dewan Kalteng Minta Pemda Bersinergi Tingkatkan Pelayanan Kesehatan di Pelosok

IST/BERITA SAMPIT - Anggota DPRD Kalteng, Sinar Kamala.

PALANGKA RAYA – Anggota DPRD Kalimantan Tengah, Sinar Kamala meminta kepada Pemerintah Daerah (Pemda) baik provinsi, kabupaten dan kota supaya dapat saling bersinergi meningkatkan pelayanan kesehatan khususnya di wilayah pelosok provinsi ini.

Ia menjelaskan, sektor kesehatan sangat penting untuk diperhatikan oleh pemerintah terutama di desa-desa terpencil yang tergolong wilayah pelosok, sebab hingga saat ini khususnya di Kalteng masih banyak wilayah yang kurang perhatian terhadap sektor kesehatan.

Kata Dia, mendapatkan pelayanan kesehatan merupakan hak bagi setiap warga negara, dan ini harus bisa dipenuhi oleh pemerintah.

BACA JUGA:   Apresiasi Penanganan Infrastruktur Jalan di Kalteng, Dewan Ingatkan Pemprov Titik Jalan Lainnya Juga Diperhatikan

“Apalagi pemerintah baik pusat maupun daerah juga telah mencanangkan program penuntasan stunting, bagaimana bisa masalah kesehatan ini tuntas jika masih ada wilayah yang belum mendapat pelayanan kesehatan memadai,” katanya melalui rilis yang diterima pada Sabtu, 28 Januari 2023.

Selain itu, untuk dapat menuntaskan masalah kesehatan masyarakat salah satunya seperti stunting pelayanan kesehatan harus bisa merata kepada masyarakat hingga daerah terpencil. Setidaknya pemerintah dapat membangun pos kesehatan di setiap desa untuk memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

Sehingga sinergitas antar pemda baik provinsi, kabupaten dan kota sangat diharapkan guna meningkatkan pelayanan kesehatan di provinsi ini, dan hal yang paling utama yaitu memperhatikan sarana dan prasarana kesehatan serta menugaskan tenaga kesehatan secara merata.

BACA JUGA:   Persoalan Pendidikan di Kalteng Harus Segera Diselesaikan Secara Adil

“Oleh karena itu, Pemda jangan sampai abai terhadap sektor kesehatan ini, karena sangat vital dan menyangkut kehidupan sosial yang lebih baik. SDM kita tidak akan mendapatkan kualitas jika kesehatannya saja tidak mendapatkan perhatian. Jadi, pemerataan pelayanan kesehatan ini perlu didorong agar keinginan bersama menjadikan masyarakat yang sehat dapat terwujud,” pungkasnya. (Hardi).