SMP Negeri 9 Sampit Terapkan P5 Pemilihan Ketua OSIS 

IST/BERITA SAMPIT - Kepala SMP Negeri 9 Sampit Supriyono saat melaksanakan pemilihan langsung Ketua OSIS.

SAMPIT – SMP Negeri 9 Sampit melaksanakan pemilihan Ketua OSIS. Kegiatan dilaksanakan rutin setiap tahun sesuai dengan kalender pengurus OSIS sekolah tersebut

Kepala SMP Negeri 9 Sampit Supriyono mengatakan kegiatan pemilihan secara langsung memberikan pembelajaran ke siswa tentang sebuah demokrasi, dan demokrasi yang diterapkan adalah demokrasi langsung, sesuasi dengan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Kurikulum Merdeka.

BACA JUGA:   SMP Negeri 2 Sampit Bagikan Takjil untuk Masyarakat

Supri menjelaskan semua warga sekolah dilibatkan dalam kegiatan itu, namun sebelum diadakan pemilihan langsung, diadakan dulu penjaringan dan adanya seleksi bakal calon.

“Seleksinya lewat wawancara, setelah didapatkan calon ketua dan wakil ketua, barulah calon tadi memberikan orasi di depan guru dan seluruh siswa,” ucapnya. Senin 6 Februari 2023.

Ia melanjutkan adapun calon ketua dan wakil ketua yang dipilih secara langsung itu ada tiga pasangan calon.

BACA JUGA:   357 Siswa MAN Kotim Plus Keterampilan Ikuti Assesmen PTS 2024

Dirinya berharap siswa bisa menerapkan pembelajaran langsung lewat praktek pemilihan tersebut dan bisa menerapkan P5 dalam Kurikulum Merdeka.

Ia menambahkan kegiatan tersebut juga sebagai bekal anak didik dikemudian hari memberikan dasar cara-cara berorganisasi dan berdemokrasi yang benar. (Nardi)