Penyaluran Beras Subsidi untuk Masyarakat di Kalteng Capai 700 Ton

Pimpinan Perum Bulog Kanwil Kalimantan Tengah, Sony Supriyadi. (ANTARA/Muhammad Arif Hidayat)

PALANGKA RAYA – Perum Bulog Kanwil Kalimantan Tengah menyatakan telah menyalurkan  beras bersubsidi untuk masyarakat di provinsi itu sekitar 700 ton.

Pimpinan Perum Bulog Kanwil Kalimantan Tengah, Sony Supriyadi di Palangka Raya, Jumat 10 Februari 2023, mengatakan penyaluran beras bersubsidi Pemerintah Provinsi Kalteng ini telah dilakukan sejak akhir 2022 hingga saat ini, sebagai salah satu upaya pengendalian inflasi.

“Dimulai dari sekitar penghujung 2022 sekitar 200 ton, dilanjutkan Januari sekitar 450 ton, dan hingga saat ini total keseluruhannya adalah sekitar 700 ton yang sudah tersalur kepada masyarakat,” jelasnya.

Daerah penyaluran beras subsidi pemerintah provinsi ini meliputi Kota Palangka Raya, Sampit, Kapuas, hingga Sukamara. Titik pendistribusian beras subsidi disesuaikan dengan kebutuhan daerah dalam upaya pengendalian inflasi.

BACA JUGA:   Berdiri Tahun 1961 dengan Modal Dasar Rp10 Juta, Bank Kalteng Sekarang Berhasil Menumbuhkan Aset Sampai Rp15,19 Triliun (Bagian 01)

“Semua dilakukan dengan menyesuaikan kebutuhan di lapangan, dan dalam hal ini di antaranya kami berkoordinasi bersama Dinas Ketahanan Pangan Kalimantan Tengah,” terangnya.

Penanggulangan terhadap inflasi terus dilakukan di wilayah Kalteng dan salah satu komoditas yang cukup penting untuk diintervensi adalah beras. Selama ini beras kerap menjadi salah satu komoditas penyumbang inflasi.

Salah satunya bisa dilihat dari data yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS), yakni Palangka Raya berdasarkan data awal Januari, komoditas utama penyumbang inflasi adalah beras yakni 0,28 persen. Kemudian berdasarkan data yang dirilis awal Februari ini, dapat diturunkan menjadi 0,07 persen.

Penurunan ini salah satunya berkat intervensi yang terus dilakukan jajaran Pemerintah Provinsi bersama Bulog di Kalimantan Tengah yang konsisten menggelar pasar murah maupun pasar penyeimbang.

BACA JUGA:   Alian Masyarakat Kalteng Desak Kapolri Evaluasi Polda Kalteng

“Selain melalui penyaluran beras subsidi, kami juga menyalurkan beras Program Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) dengan kualitas medium. Untuk wilayah Kalteng sendiri kita sudah memasok sekitar 1.200 ton pada 2023 ini,” ucapnya.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kalteng Riza Rahmadi menyampaikan berdasarkan data yang dirilis BPS setempat, tingkat inflasi dari waktu ke waktu terus mengalami penurunan. Terbaru inflasi Kalteng pada Januari 2023 sebesar 5,81 persen (year on year), turun dibanding inflasi pada Desember 2022 yakni 6,32 persen.

“Sesuai instruksi Gubernur Kalteng Sugianto Sabran, kami (Dinas Ketahanan Pangan) terus berupaya maksimal di lapangan, melakukan pemantauan dan pengendalian, baik melalui pasar murah maupun pasar penyeimbang, agar inflasi tidak mengalami lonjakan,” ujarnya.

(ANTARA)