Jaksa Bersama Mahasiswa Penyuluhan Hukum di SMKN 1 Cempaga Hulu

IST/BERITA SAMPIT - Kegiatan Jaksa masuk sekolah di SMKN 1 Cempaga Hulu.

SAMPIT – Kejaksaan Negeri Kotawaringin Timur (Kotim) menyambangi SMK Negeri 1 Cempaga Hulu, kedatangan mereka dalam rangka Jaksa masuk sekolah.

Sebanyak 150 siswa SMKN 1 Cempaga Hulu mengikuti kegiatan penyuluhan hukum yang dilaksanakan oleh Kejaksaan Negeri Kotawaringin Timur, Rabu 15 Pebruari 2023 di aula SMKN-1 Cempaga Hulu.

Jaksa Masuk Sekolah merupakan program Kejaksaan Agung RI dan jajaran korps Adhyaksa di seluruh wilayah Indonesia yang lahir berdasarkan Keputusan Jaksa Agung RI Nomor : 184/A/JA/11/2015 tanggal 18 Nopember 2015 tentang Kejaksaan RI mencanangkan program Jaksa Masuk Sekolah (JMS).

Dalam kegiatan penyuluhan hukum ini berkolaborasi bersama mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Habaring Hurung Sampit, yang mana penyuluhan hukum sebagai perwujudan Program Kemdikbud Kampus Merdeka, dengan tujuan agar mahasiswa mendapatkan pengalaman mengajar sekaligus pengalaman mengabdikan diri diluar lingkungan kampus serta menyebarluaskan pengetahuan tentang hukum.

BACA JUGA:   Suprianti Rambat Beri Kode Siap Berpasangan dengan Rudini Darwan Ali di Pilkada Kotim

Arie Kesumawati jaksa pada Kejari Kotim mengatakan program tersebut merupakan upaya inovasi dan komitmen kejaksaan dalam meningkatkan kesadaran hukum kepada warga negara khususnya masyarakat yang statusnya sebagai pelajar.

“Di sisi lain juga JMS ini untuk memperkaya khasanah pengetahuan siswa terhadap hukum dan perundang-undangan serta menciptakan generasi taat hukum dengan tujuan Kenali Hukum Jauhkan Hukuman,” ucapnya.

Tim Jaksa Masuk Sekolah (JMS) Kejaksaan Negeri Kotawaringin Timur memaparkan anak-anak usia remaja saat ini disebut Gen Z atau generasi milenial. Sebagai generasi yang terbuka dengan informasi baru perlu dibekali pengetahuan untuk pengembangan diri.

“Diharapkan dari kegiatan ini dapat dijadikan bahan pembelajaran untuk memperluas wawasan para siswa dalam menambah pengetahuan, mengenalkan, dan menanamkan nilai-nilai kejujuran bagi siswa sebagai generasi penerus bangsa,” papar tim jaksa JMS itu.

BACA JUGA:   Camat Mentaya Hulu Imbau Warga Tidak Melintas Jalan Rusak yang Sedang Diperbaiki

Sementara Kepala SMKN 1 Cempaga Hulu Istanta mengucapkan terimakasih dan selamat datang kepada Tim Jaksa Masuk Sekolah (JMS) Kejaksaan Negeri Kotawaringin Timur beserta mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Habaring Hurung Sampit serta menyambut baik kegiatan Jaksa Masuk Sekolah yang baru pertama kali diadakan di SMKN 1 Cempaga Hulu ini.

Pada sesi tanya jawab, peserta sangat antusias menyampaikan pertanyaan yang menarik, selanjutnya tim JMS memberikan doorprize bagi peserta yang interaktif.

Kegiatan JMS di SMKN 1 Cempaga Hulu berjalan lancar dan diharapkan pendidikan sadar hukum dapat diterapkan sejak dini sehingga dapat berhati-hati dalam perkataan maupun perbuatan.(naco).