Puluhan Personel Aparat Gabungan Disiagakan di Lahan Sengketa Desa Pelantaran

Kapolres Kotim AKBP Sarpani 

SAMPIT – Puluhan aparat gabungan dari Polres Kotawaringin Timur, Polsek jajaran dan Kodim 1015 Sampit disiagakan untuk mengantisipasi bentrokan antar massa di lokasi sengketa lahan sawit di Desa Pelantaran, Kecamatan Cempaga Hulu,

“Sejauh ini untuk antisipasinya bentrokan antar massa ada sekitar 25 personel gabungan dari Polres dan Polsek jajaran dibantu rekan-rekan dari Kodim,” kata Kapolres Kotim AKBP Sarpani, Rabu 15 Februari 2023.

Pihaknya berharap sengketa lahan yang terjadi antar kedua belah pihak yakni Alpin Cs dan Hok Kim alias Acen tidak menimbulan bentrokan fisik.

BACA JUGA:   Aksi Gendam Jelang Idulfitri Mulai Bergentayangan di Sampit

Menurutnya saat ini Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopima) Kotim tengah berupaya memperjuangkan mediasi antar keduanya.

“Kepada masing-masing pihak untuk bisa lebih mengedepankan kepentingan umum dan tidak menimbulan keributan serta tidak menggerakkan massa,” harap perwira melati dua itu.

Menurutnya juga, apabila ada pihak-pihak yang menjadi korban atau menjadi yang dirugikan dalam kegiatan itu terkait dengan kasus pidana maka pihaknya akan melayani dan memproses sesuai dengan prosedur.

BACA JUGA:   Pemkab Kotim Sampaikan Laporan LKPJ Anggaran 2023 dalam Rapat Paripurna

“Saya akan bersikap netral sesuai dengan prosedur dan tidak memihak dalam kepentingan penyelesaian perkara itu. Namun demikian kami sampaikan juga kepada masyarakat untuk tidak terpancing tidak mengikuti isu-isu yang tidak jelas kebenarannya yang dapat menimbulkan benturan fisik atau konflik di lahan tersebut,” tegasnya. (JIMY)