TK IT Ar-Rayyan Sampit Edukasi Siswa Tentang Damkar Hingga Hadirkan Petugas

Petugas Damkar Kotim saat mengenalkan peralatan pemadam kebakaran kepada murid TK Islam Terpadu Ar-rayyan Sampit.

SAMPIT – TK Islam Terpadu Ar-Rayyan Sampit memberikan edukasi kepada murid untuk mengerti tugas dan fungsi Pemadam Kebakaran dengan menghadirkan petugas pemadam langsung ke sekolah tersebut.

Kepala TK IT Ar-Rayyan menjelaskan tujuan kedatangan Damkar di sekolahnya untuk memberikan edukasi dan memperkenalkan alat-alat serta menyosialisasikan tugas pokok dan fungsi dengan tujuan agar mengerti dan memberitahu orang tuanya untuk menghubungi Damkar di saat ada kejadian.

“Memberikan edukasi kepada anak di sini di TK Ar-Rayyan dan mengenalkan apa sih tugas dan fungsi Damkar itu. Ternyata Damkar tugasnya bukan hanya sebagai pemadam tapi juga bertugas memberikan kesehatan kepada masyarakat,” ujar Kepala TK IT Ar-Rayyan, Marwiyah, Jumat 17 Februari 2023.

Menurut Marwiyah Kotim ini merupakan daerah yang rawan bencana alam baik kebakaran, banjir, binatang buas seperti ular dan buaya. Pasalnya daerah Sempit masih dipenuhi semak belukar.

BACA JUGA:   Mengeluh Jalan di Mentaya Hulu Rusak, Netizen: Tidak Usah Menuntut Suara Kalian Sudah Dibeli

“Kita tau Kotim ini Rawan, terutama ular dan binatang lainya. Edukasi ini memberikan menekankan murid untuk mencari pertolongan gan pertama untuk menghubungi Damkar,” tuturnya.

Sebelumnya TK Islam Terpadu Ar-Rayyan mengirimkan undangan ke Kantor BPBD Kotim untuk melakukan kegiatan edukasi damkar ini untuk mengunjungi langsung kegiatan Damkar di Kantornya. Namun pihak pihak Damkar mengunjungi langsung ke sekolah untuk memudahkan anak-anak supaya tidak menempuh jarak yang jauh.

Sementara itu, Ahmad Ilham Wahyudu selaku Komandan Regu (Dandru) Damkar Kotim menyampaikan bahwa kunjungan itu guna memperkenalkan alat-alat serta mensosialisasikan tugas pokok dan fungsi dengan tujuan memberikan pendidikan eksternal bagi anak usia dini.

BACA JUGA:   Begal Bersajam Ternyata Residivis, Ini Sederet Kasusnya

“Kami mengedukasi anak-anak menjelaskan mengenal alat-alat pemadam dan tugas dan fungsi damkar itu sendiri,”

Ia juga menjelaskan Tupoksi Damkar selain pemadaman api ada juga bertugas sebagai Penyelamatan seperti penanganan atau evakuasi binatang.

“Kami juga menjelaskan kepada anak-anak seperti menangani ular, biawak dan binatang buas lainya agar anak-anak bisa lebih mengenal,”

Menurutnya, yang diharapkan dari edukasi ini anak-anak akan mengerti disaat ada bencana kebakaran atau kejadian alam anak meminta orang menghubungi Damkar.

“Setelah kita mengenalkan tupoksi kita, harapannya ketika anak-anak melihat kebakaran atau bencana lainya anak-anak bisa meminta orang tuanya untuk menghubungi Damkar, kami juga memberikan nomor kantor untuk dihubungi” pungkasnya. (Ibra).