Kesbangpol Kalteng Lakukan Sosialisasi Pembinaan Ideologi Pancasila

SYAUQI/BERITA SAMPIT- Sosialisasi Pembinaan Ideologi Pancasila Provinsi Kalteng Tahun 2023, oleh Kesbangpol Kalteng 

PALANGKA RAYA – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) melakukan Sosialisasi Pembinaan Ideologi Pancasila Provinsi Kalteng Tahun 2023.

Mengusung tema ‘Aktualisasi nilai-nilai Pancasila dalam menjaga pemilu serentak 2024 yang damai dan Berkeadilan’ kegiatan ini dihadiri siswa-siswi dari beberapa SMA di kota Palangka Raya, Kamis 23 Februari 2023, di aula Kesbangpol Kalteng.

Kepala Kesbangpol Kalteng yang diwakili oleh Kabid Ketahanan Ideologi Bangsa Nayo mengatakan para pemuda harus mengamalkan nilai-nilai Pancasila di kehidupan masyarakat dan bernegara.

BACA JUGA:   Lari, Olahraga yang Menjangkau Seluruh Masyarakat

“Menjadikan sumberdaya manusia khususnya Kalimantan Tengah khususnya kota Palangka Raya berwawasan Pancasila dan nasionalisme serta patriotisme,” katanya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kalteng yang diwakili oleh Asisten 1 Bidang Kesejahteraan Rakyat, Katma F. Dirun mengatakan pancasila saat ini nyaris hanyalah sebagai kosakata, istilah yang tidak lebih seperti kita membincangkan Hari Kebangkitan Nasional, Hari Sumpah Pemuda, Hari Pahlawan, dan sebagainya.

BACA JUGA:   Pencurian Modus Pecahkan Kaca Mobil, Uang dan Laptop Milik Perempuan di Palangka Raya Raib usai Membeli Takjil

Padahal ungkapnya, Pancasila sering dikumandangkan sebagai falsafah, pandangan hidup, Ideologi, Dasar Negara Republik Indonesia. Kata-kata ini sampai kini tentu tidak banyak yang membantah, namun lagi-lagi tidak banyak kalangan, terlebih dikalangan Generasi Muda.

“Kinilah saatnya kita kembali menggelorakan Pancasila sebagai Dasar Negara, Falsafah Hidup Bangsa dan Negara Indonesia yang penuh kemajemukan ini, agar Indonesia tetap ada di peta dunia,” pungkasnya.

(Sayuqi)