Legislator Ini Dukung Pemilu Proporsional Terbuka

BITRO/BERITA SAMPIT — Wakil I Ketua DPRD Katingan, Nanang Suriansyah saat diwawancarai awak media.

KASONGAN – Wakil Ketua (Waket) I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Katingan Nanang Suriansyah mendukung dilaksanakannya Pemilihan Umum (Pemilu) proporsional terbuka.

Menurut Nanang, dengan pemilu sistem terbuka bukan saja hanya calon yang mengetahu namun juga langsung bisa diketahui oleh masyarakat orang yang akan dipercaya duduk untuk menyampaikan suara dari lapisan masyarakat.

“Artinya jika yang terpilih nanti orangnya sudah dikenal dengan baik dan dipercaya maka anggota dewan tersebut dipastikan dapat memperhatikan aspirasi dari masyarakat,”Ujarnya. Kamis 23 Februari 2023 kepada sejumlah awak media di kantor DPRD Kabupaten Katingan.

BACA JUGA:   Sekda Sampaikan Pidato Pengantar Bupati Katingan ke DPRD Terkait LKPI Tahun Anggaran 2023

Pencoblosan dengan pemilu sistem terbuka ini, membuat tingkat kepercayaan masyarakat saat Pemilu Legislatif (Pileg) tidak ragu lagi untuk mencoblos, karena nama calon yang akan dipilih sudah terlihat saat memilih di bilik suara Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Kemudian Nanang juga menyebutkan, bahawa masyarkat sekarang sudah dewasa dalam berpolitik, sehingga dalam pelaksanaannya pada pemilu 2024 mendatang masyarakat tentunya menginginkan sistem proporsional terbuka.

BACA JUGA:   Dewan Apresiasi Giat Safari Ramadan Pemkab Katingan

“Jika dilakukan secara tertutup, masyarakat hanya meminta mencoblos nama partai, sementara untuk calonnya tidak diketahui siapa yang akan mewakili di kursi legislatif,”Jelasnya.

Karena itu, bagaimanapun, sekali lagi dirinya menyatakan tetap mendukung Pemilu proporsional terbuka, yang sudah kita laksanakan sejak reformasi puluhan tahun lalu.

(Bitro)