Leonard S. Ampung Buka Rakerda Kebudayaan dan Pariwisata Tingkat Kalteng di Sukamara

CINDERAMATA : ENN/BERITA SAMPIT - Bupati Sukamara saat menyerahkan cinderamata kepada peserta Rakarda Kebudayaan dan Pariwisata se-Kalimantan Tengah.

SUKAMARA – Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Provinsi Kalteng, Leonard S. Ampung membuka secara langsung kegiatan Rapat Kerja Daerah Rakarda Bidang Kebudayaan dan Pariwisata se-Kalimantan Tengah di Kabupaten Sukamara, Kamis 23 Februari 2023.

Leonard menjelaskan jika sektor kebudayaan dan pariwisata memiliki peranan yang cukup penting dalam menunjang pembangunan daerah, sekaligus merupakan salah satu faktor yang sangat strategis dalam meningkatkan pendapatan dan perekonomian masyarakat. Sektor ini mesti terus diperkuat dan dikembangkan, karena merupakan salah satu pintu masuk bagi peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Sebagai Provinsi terluas di Indonesia, Kalimantan Tengah memiliki potensi pariwisata yang cukup besar dan sangat menjanjikan, dengan berbagai kebudayaan asli yang unik dan khas, hamparan hutan tropis yang beriklim panas dan lembab, sungai-sungai yang luas dan panjang yang tersebar di sejumlah kabupaten, flora dan fauna yang menarik dan beraneka ragam yang sebagian faunanya berstatus sebagai hewan langka, dapat menjadikan Kalimantan Tengah sebagai tujuan wisata dan budaya yang layak ditawarkan ke masyarakat domestik, bahkan masyarakat internasional,” jelas Leonard

BACA JUGA:   Nuryakin Berharap Pasar Murah akan Meningkatkan Daya Beli Masyarakat

Untuk mewujudkan hal tersebut, Leonard mengungkapkan perlu pengelolaan yang baik dan profesional menjadi hal yang mutlak untuk dilaksanakan.

“Untuk merumuskan sistem dan mekanisme yang baik, dibutuhkan suatu forum diskusi yang diikuti oleh berbagai para pemangkau kepentingan seperti halnya Rapat Kerja Daerah Kebudayaan dan Pariwisata yang kita laksanakan pada hari ini,” terangnya.

Momentum Rapat Kerja Daerah ini, memiliki kedudukan yang cukup strategis, terutama dalam rangka melakukan analisa dan evaluasi secara komprehensif, terhadap seluruh aspek pelaksanaan program dan kegiatan yang berkaitan dengan kebudayaan dan pengembangan pariwisata di Kalimantan Tengah.

BACA JUGA:   Ikuti Apel Siaga Pengamanan Pasokan dan Harga, Yuas Elko: Upaya Stabilisasi Harga Pangan Jelang Hari Besar

“Rapat Kerja Daerah ini juga dapat kita manfaatkan untuk menyampaikan ide dan gagasan yang kreatif bertukar informasi mengenai pembangunan kebudayaan dan perkembangan pariwisata di wilayah kerja kita masing-masing,” kata Leonard.

“Yang tidak kalah penting adalah forum ini juga dapat kita manfaatkan sebagai sarana untuk merumuskan langkah-langkah strategis, rencana kegiatan di tahun mendatang, serta merumuskan solusi bagi permasalahan yang dihadapi,” lanjutnya.

“Dengan demikian kita dapat mengetahui sejauh mana kemajuan pembangunan kebudayaan dan perkembangan pariwisata serta implementasi penerapan program yang telah berjalan selama ini,” tukasnya. (enn)