Wagub: KKSS Merupakan Bagian dari Manivestasi bagi Kalteng

IST/BERITA SAMPIT - Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo saat menghadiri Musyawarah Wilayah (Muswil) ke VII Kerukunan Keluarga Selawesi Selatan (KKSS) Kalimantan Tengah, di Hotel Dandang Tingang

PALANGKA RAYA – Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo mengatakan kehadiran Kerukunan Keluarga Selawesi Selatan (KKSS) Kalimantan Tengah merupakan bagian dari manivestasi bagi Provinsi Kalimantan Tengah karena jumlah warganya mencapai 123 ribu yang tersebar di seluruh Kalimantan Tengah.

Ia juga mengharapkan, hal KKSS bisa memberikan kontribusi yang positif dalam pembanguan di Kalimantan Tengah.

“Tentunya dengan menjunjung tinggi falsafah Huma Betang, dimana bumi dipijak di situ langit dijunjung,” ucapnya saat membuka secara resmi Musyawarah Wilayah (Muswil) ke VII Kerukunan Keluarga Selawesi Selatan (KKSS) Kalimantan Tengah, di Hotel Dandang Tingang, Sabtu 25 Februari 2023.

Ia juga berpesan, agar KKSS terus menjaga persatuan dan kesatuan. Termasuk dalam kepengurusan yang baru nantinya, KKSS diharapkan bisa mendukung program pembanguan di Kalimantan Tengah.

Sementara itu, Ketua KKSS Kalimantan Tengah, Andi Bustan dalam sambutannya mengatakan, bahwa Muswil merupakan salah satu agenda organisasi dalam pengambilan keputusan tertinggi di tingkat provinsi atau wilayah.

BACA JUGA:   Nuryakin Membuka Pasar Murah Tahap Dua di Murung Raya

Selain itu, dalam Muswil juga kata Andi Bustan, menjadi ajang demokrasi bagi seluruh warga KKSS di Kalimantan Tengah khususnya dalam mencari ketua baru sebagai bentuk penyegaran Organisasi.

“Sebagai organisasi paguyuban, kami tentunya berdemokrasi dengan menjunjung tinggi nilai-nilai kekeluargaan,” kata Andi Bustan.

Dia berharap Muswil ini menelorkan pemimpin dan agenda-agenda kerja KKSS Kalimantan Tengah tentunya dengan tujuan, menjadi bagian dalam mendukung program pembanguan di Kalimantan Tengah.

Pria yang berprofesi sebagai dosen di Universitas Palangka Raya ini menyebutkan dalam Muswil kali ini diikuti oleh dua calon ketua. Ke dua calon tersebut yakni, Andi Bustan dan Irbar Pairing.

“Siapapun terpilih nantinya, kita berharap bisa membawa KKSS Kalteng ke yang lebih baik, khususnya dalam merawat silaturahmi di tanah rantau,” ungkapnya.

BACA JUGA:   Rapat Koordinasi TORA, Nuryakin Berharap Ada Rumusan Menata Kembali

Ketua Umum KKSS pusat, Muchlis Patahna mengatakan bahwa sebenarnya kepengurusan BPW KKSS Kalimantan Tengah, sudah berakhir sejak 2020 lalu. Hanya saja dilakukan perpanjangan kepungurusan karena pada tahun 2020 Indonesia masih dilanda pandemi Covid-19.

Dia mengatakan bahwa selama Covid-19, memang tidak ada agenda Muswil yang dilaksanakan. “Alhamdulillah sekarang sdah 94 persen wilayah sudah melakukan Muswil, termasuk Kalimantan Tengah saat ini,” katanya.

Muchlis menjelaskan KKSS sudah tersebar di seluruh provinsi di Indonesia, kecuali di provinsi yang baru terbentuk. Bahkan dia menyebutkan warga yang tergabung di KKSS sudah melebihi jumlah warga Sulsel.

“Warga KKSS yang tercatat melebihi jumlah penduduk Sulsel. Sekarang yang tercatat sudah mencapai 16 juta,” jelasnya. (Hardi)