Panen Cabai di Sukamara, Wamentan RI Harap Ada Peran Swasta

ENN/BERITA SAMPIT - Wamentan RI Harvick Hasnul Qolbi bersama Kakanwil Kemenkumham Kalteng dan Bupati Sukamara saat memanen cabai di lahan milik Lapas Kelas III Sukamara.

SUKAMARA – Wakil Menteri Pertanian Republik Indonesia, Harvick Hasnul Qolbi melakukan panen cabai regeneratif di lahan perkebunan milik Lapas Kelas III Sukamara dalam rangka ketahanan nasional, Senin 27 Februari 2023.

Dalam kegiatan tersebut hadir Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Kalimantan Tengah, Direktorat Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian yang diwakili Balai Besar Pelatihan Pertanian Binuang, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalimantan Tengah.

Harvick Hasnul Qolbi mengatakan bahwa kunjungan kerjanya kali ini ingin melihat bagaimana Kabupaten Sukamara ikut membangun ketahanan pangan menuju kedaulatan pangan secara nasional.

BACA JUGA:   Pemkab Sukamara Gelar Musrenbang RPJMD Tahun 2025-2045

“Dalam lingkup kabupaten kita tahu bahwa cabai ini sangat menekan inflasi di Sukamara,” kata Harvick Hasnul Qolbi, usai memanen cabai yang ditanam di Lapas Kelas III Sukamara dilahan seluas kurang lebih tiga hektar.

Wamentan juga mengatakan bahwa ketahanan pangan jika tidak ada kerjasama dengan berbagai pihak akan sulit dicapai, karena itu saat ini pemerintah selalu hadir ditengah masyarakat.

BACA JUGA:   Pemkab Sukamara Launching Sistem Pembayaran Pajak Daerah Melalui Virtual Account

“Apalagi saat ini ada kerjasama antara kementrian dengan TNI, Polri dan Kemenkumham ini semua untuk menjaga kestabilan bahwa tercukupi pangan kita,” terang Harvick Hasnul Qolbi.

Dalam kesempatan itu juga Harvick mengharapkan agar peran serta pihak swasta dalam pengembangan ketahanan pangan bisa lebih ditingkatkan bukan hanyhanya Corporate Social Renponcibility (CSR).

“Banyak yang bisa diberdayakan dari pihak swasta juga bukan hanya CSR-nya saja tapi lebih ke memberdayakan,” tukas Harvick Hasnul Qolbi. (enn).