Dewan Berharap Kebijakan Sekolah saat Ramadan Bisa Dipertimbangkan

IST/BERITA SAMPIT - Wakil Ketua II DPRD Katingan Fahrul Razi (Baju Putih).

KASONGAN – Wakil Ketua II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Katingan, Fahrul Razi meminta Dinas Pendidikan (Disdik) Katingan meliburkan semua sekolah selama Ramadan mendatang.

Menurut Arul sapaan akrabnya, setiap tahun di bulan suci ramadan, umat muslim selalu menjalankan ibadah puasa sebulan penuh.

“Biasanya untuk menjaga kekhusuan umat muslim dalam berpuasa ini lah, semua sekolah diliburkan sebulan penuh,” kata Arul kepada sejumlah awak media, Jumat 3 Maret 2023.

Pasalnya, jika sekolah tidak diliburkan lanjut dia, banyak orangtua yang khawatir putra-putrinya meninggalkan kewajibannya dalam menjalankan ibadah puasa yang termasuk dalam salah satu rukun Islam wajib dilaksanakan oleh umat Islam.

BACA JUGA:   Dewan Minta PPPK Tingkatkan Kinerja dari Mutu Pendidikan dan Kesehatan di Katingan

“Jika mengacu pada kalender dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud RI) mungkin saja tidak bisa, dengan alasan mengejar kurikulum. Namun, hal tersebut bisa diatur dengan cara menukar degan hari libur yang lain,”ujarnya.

Misalnya, jika hari libur di semester akhir waktunya sekitar 14 hari, bisa dirubah liburnya pada bulan ramadan. “Jadi, pada akhir semester sekolah tidak lagi libur panjang,” terangnya.
Karena, jika sekolah tetap juga turun pada bulan ramadan maka tidak penuh satu bulan.

“Mungkin hanya 14 hari saja. Sebab, pada hari pertama hingga hari ketiga awal Ramadhan dan se pekan sebelum mengakhiri bulan Ramadhan semua sekolah diliburkan, belum lagi libur pada hari Minggu. Sehingga, aktif belajarnya di bulan Ramadhan hanya 14 hari saja,” ujarnya.

BACA JUGA:   Sekda Sampaikan Pidato Pengantar Bupati Katingan ke DPRD Terkait LKPI Tahun Anggaran 2023

Selain itu, jika siswa tetap turun sekolah pada ramadan dalam menuntut ilmu yang diajarkan oleh para gurunya juga kurang maksimal.

“Para peserta didik ini selain dalam keadaan lapar, juga mengantuk,”tandasnya

(Bitro)