Jelang Hari Raya Idul Fitri 1444 H Disperindagkop UKM Kobar Cek Meteran BBM di Sejumlah SPBU

IST/BERITA SAMPIT - Petugas pengecekan tera dari Disperindagkop UKM dan Metrologi, saat berada di lokasi SPBU.

PANGKALAN BUN – Jelang Hari Raya Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menangah (Disperindagkop UKM) Kotawaringin Barat (Kobar), telah melaksanakan pemantauan sekaligus pengecekan meteran ke sejumlah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU).

“Kami bersama petugas Metrologi selama 3 hari telah melakukan pemantauan sekaligus mengecek meteran takaran bahan bakar minyak (BBM), untuk memastikan ketepatan takaran atau pengecakan tera ulang dari mesin pompa PBU, dan hasilnya ternyata normal saja,“ kata Kabid Perdagangan Disperindagkop UKM Kobar Muhammad Suhendra, Selasa 4 Maret 2023.

Dijelaskannya, tujuan melakukan pemantauan dan pengecekan tera di mesin pomka SPBU dalam rangka jelang Hari Raya Idul Fitri 1444 H/2023, dari hasil pemeriksaan sementara yang sudah dilakukan, mesin pompa yang digunakan di sejumlah SPBU masih dalam toleransi  normal dibatas wajar, yakni 0,5 persen.

BACA JUGA:   Celoteh Pedagang Nasi dan Bubur Sum-Sum: Harga Beras Kalau Sudah Naik Tidak Bakalan Turun Lagi

“Alhamdulillah saat ini masih pompa masih bagus dan sesuai dengan ketentuan takaran, walaupun tidak persis sama, setidaknya masih dalam batas toleransi,” Imbuhnya.

Ia menambahkan, bahwa pengawasan sejumlah SPBU ini juga bertujuan untuk memberikan pelayanan sekaligus kenyamanan bagi masyarakat yang akan mudik dan merayakan hari Raya Idul Fitri.

Setelah dilakukan pemeriksaan, tim kemudian memasang spanduk yang bertuliskan ucapan selamat hari Raya Idul Fitri 1444 H, serta ajakan yang berbunyi ‘Masyarakat jangan ragu mengisi BBM di SPBU ini, kebenaran pengukuran pompa ukurannya sudah dijamin’.

BACA JUGA:   Ini Arahan Kapolres Kobar Kepada Para Personilnya Jelang Ramadan

Terpisah Ketua PDC Hiswana Migas Pangkalan Bun Setiawan Seimon, saat dikonfirmasi, terkait kegiatan Disperindagkop UKM dan Metrologi Kabupaten Kobar, telah melaksanakan pengecekan tera mesin pompa BBM disejumlah SPBU, pihaknya sangat mengapresisi.

“Saya sangat mengapresiasi atas kegiatan tersebut, karena itu sudah tugasnya pemerintah untuk melaksanakan pengecekan tera, secara langsung kelokasi SPBU. Harapan saya, sesuai dengan hasil pemeriksaan semua mesin pompa SPBU bagus, semoga perayaan Hari Raya Idul Fitri 1444 H-2023 aman,“ ungkap Setiawan Seimon. (Man)