Tumbuhkan Kecintaan Anak Terhadap Masjid Sejak Dini

IST/BERITA SAMPIT - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Tengah Noor Fahmi saat mengisi tausiah setelah salat Zuhur di Masjid Raya Darussalam.

PALANGKA RAYA – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Tengah Noor Fahmi mengajak masyarakat agar menumbuhkan kecintaan anak-anak terhadap masjid.

“Jadikan anak cinta masjid sejak dini, dengan rajin mengajaknya ke masjid untuk salat berjamaah,” katanya saat mengisi tausiah setelah salat Zuhur di Masjid Raya Darussalam, Rabu 5 April 2023.

Ia mengimbau, agar membiasakan salat bagi anak-anak disunahkan dalam salat jamaah, termasuk di masjid. Hal ini didasarkan pada hadis tentang letak saf shalat bagi anak-anak.

BACA JUGA:   Pembangunan Kawasan Shrimp Estate Seluas 40,17 Hektare

Ia menambahkan, mengenai boleh tidaknya, secara syara tidak ada larangan membawa anak kecil ke masjid, bahkan hal itu dianjurkan jika usia mereka mencapai mumayyiz.

Meski salat belum diwajibkan bagi anak-anak namun orang tua harus mengenalkan salat kepada mereka. Terlebih, jika usia mereka mencapai tujuh tahun, jika tidak salat boleh dipukul. Tujuannya agar sudah terbiasa saat baligh nanti.

Kendati boleh dan dianjurkan, namun anak-anak harus dalam pengawasan dan bimbingan orang tua atau pengurus masjid agar tidak menggangu jemaah lain dalam melakukan ibadah.

BACA JUGA:   Satgas JPH Kemenag Kalteng Sosialisasi Kampanyekan Wajib Halal Oktober

Jangan sampai pengurus masjid justru memarahi anak-anak yang gaduh atau melarang jamaah membawa anak-anak saat ibadah salat. Semestinya masjid harus ramah anak. Jadikan anak-anak merasa nyaman berada di masjid.

Jika kehadiran anak tersebut membuat ribut, wali atau orang tua yang anak-anaknya ribut di masjid hendaknya membawa anak tersebut pulang. (Hardi).