Bandara Tjilik Riwut Sampaikan Persiapan Jelang Mudik Lebaran

IST/BERITA SAMPIT - Ilustrasi penerbangan

PALANGKA RAYA – Executive General Manager Bandara Tjilik Riwut Ardha Wulanigara menyampaikan, persiapan menjelang mudik lebaran, Bandara Tjilik Riwut terdapat enam maskapai yang siap melayani para penumpang yaitu Lion Air, Batik Air, Garuda Indonesia, Citilink, Wings Air dan Smart Aviation. Hal ini disampaikannya saat dihubungi via whats app pada Selasa 11 April 2023.

“Untuk prediksi diarus mudik lebaran 2023 ini jumlah penumpang naik di angka 20 sampai 25 persen, untuk puncak arus mudik diprediksi tanggal 18 April 2023 dengan tujuan utama Jakarta dan Surabaya Karena maskapai di Bandara Tjilik Riwut memiliki dua rute utama tersebut,” ucapnya.

BACA JUGA:   Penumpang Kapal dari Pelabuhan Sampit ke Pulau Jawa Disebut Melonjak

Ia juga menambahkan, untuk posko terpadu monitoring Idul Fitri 1444 H rencana akan dipersiapkan pada tanggal 12 April 2023 sampai 3 Mei 2023. Adapun personil yang terlibat adalah para stakeholder di bandara serta Tim Komite Keamanan yang terdiri dari TNI, Polri, Basarnas, Dinas Perhubungan, dan lain-lainnya guna menjaga keamanan serta memastikan arus mudik lebaran berjalan baik, lancar, dan berkesan.

Oleh karena itu, untuk mengantisipasi lonjakan penumpang diarus mudik lebaran Idul Fitri 1444 H , bandara telah menambah Operating Hour (OH) yang semula di jam 07.00 sampai dengan 17.00 WIB menjadi di jam 07.00 sampai dengan 19.00 WIB. Selain itu pihak maskapai telah menambah extra flight di musim mudik lebaran 2023 ini terhitung tanggal 7 April 2023 sampai dengan 7 Mei 2023.

BACA JUGA:   Penumpang Kapal dari Pelabuhan Sampit ke Pulau Jawa Disebut Melonjak

Ia menambahkan, jika melihat platform online penjualan tiket saat ini, untuk harga-harga tiket telah mengalami kenaikan signifikan sekitar 30 sampai 40 persen jika dibanding dengan hari biasa/normal. (Hardi)