Pemkab Gunung Mas Bahas Hasil Analisis Penurunan Stunting Kabupaten Terintegrasi 2024

IST/BERITA SAMPIT - Bupati Gunung Mas Jaya Samaya Monong saat memberikan sambutan di acara rembuk stunting tingkat Kabupaten Gunung Mas tahun 2023.

KUALA KURUN – Pemerintah Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah melaksanakan kegiatan rembuk stunting tingkat Kabupaten Gunung Mas yang dilaksanakan di aula Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian Dan Pengembangan Daerah (Bappedalitbang), Selasa 11 April 2023.

“Hari ini kita menyampaikan hasil analisis situasi penurunan stunting dan rencana kegiatan intervensi penurunan stunting kabupaten terintegrasi tahun 2024,dan mendeklarasikan komitmen pemerintah daerah dan menyepakati rencana kegiatan intervensi penurunan stunting terintegrasi di Kabupaten Gunung Mas,” ungkap Koordinator bidang koordinasi, Konvergensi dan perencanaan pada rembuk stunting Yantrio Aulia.

Selain itu sambungnya, untuk membangun komitmen publik dalam kegiatan penurunan stunting secara terintegrasi di Kabupaten Gunung Mas. di mana hasil kegiatan menjadi dasar gerakan penurunan stunting Kabupaten Gunung Mas melalui integrasi program/kegiatan yang dilakukan antar organisasi perangkat daerah penanggung jawab pelayanan dan partisipasi masyarakat.

BACA JUGA:   Bupati Gunung Mas Minta KONI Pandu Cabor yang Memiliki Potensi Besar

“Intinya hasil yang diharapkan dari Rembuk Stunting ini adalah, komitmen penurunan stunting yang ditandatangani oleh bupati, wakil bupati, DPRD, camat, lurah/kepala desa, pimpinan organisasi perangkat daerah dan perwakilan sektor non pemerintah dan tokoh masyarakat serta tokoh agama, dan rencana kegiatan intervensi gizi terintegrasi penurunan stunting yang telah disepakati oleh lintas sektor untuk dimuat dalam RKPD, Renja OPD tahun berikutnya,” tuturnya.

BACA JUGA:   Pilkada Serentak 2024, Bupati Gunung Mas Ajak Masyarakat Bijak Memilih

Sementara itu, Bupati Gunung Mas Jaya Samaya Monong menyampaikan dalam rangka mengawal pelaksanaan program prioritas nasional percepatan penurunan stunting, pemerintah melakukan intervensi melalui pendekatan multisektor yang mengarah pada peningkatan kualitas intervensi spesifik dan sensitif terutama melalui pemenuhan seluruh indikator.

“Saya mengharapkan dukungan dan kerjasama seluruh lintas sektor serta komitmen kita dalam mendukung program aksi percepatan penurunan stunting dan menjadi sebuah pilihan dalam mewujudkan derajat kesehatan yang lebih baik,” sebut Jaya Samaya Monong. (Ale)