Dewan Dorong Semua Pihak Jaga Toleransi Antar Umat Beragama

IST/BERITA SAMPIT - Wakil Ketua I DPRD Katingan, Nanang Suriansyah

KASONGAN – Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Katingan Nanang Suriansyah mengingatkan kepada seluruh masyarakat di Kabupaten yang berjuluk Penyang Hinjei Simpei untuk memperkuat nilai-nilai persaudaraan dan menjaga toleransi antar umat beragama.

Hal ini menurutnya sebagai negara yang memiliki banyak suku tentunya memiliki banyak perbedaan. Namun semuanya diikat dalan satu persaudaran dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesian (NKRI).

“Pentingnya menjaga persaudaraan, terutama kita memasuki bulan Ramadhan, di bulan suci ini mari lah kita sama-sama menguatkan ukhuwah islamiah.” ungkapnya, Rabu 12 April 2023.

BACA JUGA:   Sekda Sampaikan Pidato Pengantar Bupati Katingan ke DPRD Terkait LKPI Tahun Anggaran 2023

Menjaga kerukunan umat baik di internal umat beragama maupun antar umat beragama sangat penting kata dia, apalagi bulan Ramadhan hendaknya bisa menjaga suasana kondusif dalam beribadah dan saling menghormati satu sama lainnya.

“Menjaga Persaudaraan dan juga menguatkan toleransi merupakan warisan leluhur kita yang harus kita jaga, dan kita perkuat terus menerus demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” tambah Politisi Golkar ini.

Namun, kata dia, meskipun kondisi kerukunan umat beragama di daerah ini terus terjaga, kewaspadaan dan siaga terhadap upaya-upaya provokasi yang memecah belah harus diterapkan.

BACA JUGA:   Dewan Minta Dinas Terkait Perhatikan PJU di Jalan Tjilik Riwut dan Ahmad Yani Kasongan

DPRD pun akan senantiasa menyerukan kerukunan antar umat beragama. “Kita menggelar safari Ramadhan, baik dilakukan para anggota DPRD di setiap daerah pemilihan masing-masing. Maupun dilakukan oleh tim Sekretariat DPRD,” katanya.

Kerukunan yang senantiasa terjaga kata Nanang, mewujudkan daerah aman, dan pertumbuhan ekonomi dapat melaju pesat.

“Kita cegah aksi yang dapat memicu gangguan keamanan daerah melalui sikap saling menghormati dan terus memupuk rasa persaudaraan yang kuat,” pungkasnya.

(Kawit)