Gasing Matematika Upaya Cetak Anak Jago Hitung Cepat

MUHAMMAD SALEH/BERITA SAMPIT - Para siswa saat mengikuti pembukaan kegiatan pelatihan berhitung dengan menggunakan metode gampang, asyik dan menyenangkan (Gasing).

KUALA KURUN – Pemerintah Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah melalui Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) setempat melaksanakan kegiatan pelatihan berhitung dengan menggunakan metode gampang, asyik dan menyenangkan (Gasing).

Kegiatan yang dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 3 Kurun, Kecamatan Kurun Kabupaten Gunung Mas tersebut menghadirkan Prof Yohanes Surya bersama timnya untuk memberikan pelatihan berhitung dengan menggunakan Gasing kepada para murid dan guru.

Pelaksana Tugas Kepala Disdikpora Kabupaten Gunung Mas Aprianto menyebutkan, kegiatan yang dilaksanakan hari ini selaras dengan program Bupati dan Wakil Bupati Gunung Mas yaitu smart human resources atau smart Sumber Daya Manusia (SDM).

“Kegiatan ini dihadiri oleh sekolah dasar negeri yang ada di wilayah Kecamatan Kurun, yaitu ada 32 guru dan 64 siswa, namun karena antusias beberapa siswa sehingga bertambah menjadi 96 siswa, Program ini dibuat dalam rangka meningkatkan kemampuan anak menghitung cepat Matematika,” ungkap Aprianto, Kamis 13 April 2023.

Pada kesempatan itu juga ia mengucapkan terima kasih kepada Prof. Yohanes Surya atas kehadiran di Bumi Habangkalan Penyang Karuhei Tatau Kabupaten Gunung Mas dalam memberikan ilmu kepada para siswa maupun guru tentang menghitung menggunakan metode Gasing.

BACA JUGA:   Pemkab Gunung Mas Gelar Bimtek Inovasi Daerah

“Ini adalah pengalaman langka bagi kami, mengingat jadwal beliau (Prof. Yohanes Surya) yang cukup padat keliling indonesia dalam memberikan kemudahan bagi para siswa untuk menghitung dengan program Gasing ini,” tuturnya.

MUHAMMAD SALEH/BERITA SAMPIT – Bupati Gunung Mas Jaya Samaya Monong saat foto bersama dengan para siswa.

Sementara itu, Bupati Gunung Mas Jaya Samaya Monong menyampaikan, bahwa banyak hal yang harus dilakukan agar pendidikan di Kabupaten Gunung Mas bisa maju dan bersaing dengan daerah lain. Di mana salah satunya adalah peningkatan kualitas sumber daya manusia, terutama untuk tenaga pendidik atau guru.

“Maka, dengan Yayasan Teknologi Indonesia Jaya, bersama dengan Prof. Yohanes Surya, Pemerintah Kabupaten Gunung Mas sejak tanggal 3 April hingga nanti 18 April, melakukan pelatihan berhitung dengan menggunakan metode gasing, yaitu gampang, asyik dan menyenangkan,” sebut Jaya Samaya Monong.

BACA JUGA:   Keharmonisan Dalam Keberagaman Menjadi Faktor Penting Untuk Menjaga Persatuan Bangsa

Dikatakan Jaya, metode gasing adalah suatu metode pembelajaran langkah demi langkah yang membuat anak menguasai materi secara gampang, asyik dan menyenangkan. kunci metode gasing ini adalah proses langkah demi langkah, yang disusun sedemikian rupa sehingga penguasaan materi dibangun dari pemahaman materi sebelumnya.

“Demi langkah ini, metode gasing tercermin sewaktu anak-anak belajar suatu topik, ada titik kritis yang harus mereka lewati. setelah mencapai titik kritis ini mereka tidak akan sulit lagi mengerjakan soal dalam topik tersebut,” ucapnya.

Disebutkan juga, dalam pembelajaran metode gasing ini, anak-anak diajak bermain dan bereksplorasi dengan alat peraga sehingga benar-benar terasa dan terbayang konsep yang ingin disampaikan. Jadi yang abstrak selalu diawali dengan sesuatu yang konkrit, sehingga anak-anak dapat jauh lebih mudah mengerti dan mengaplikasikan konsep yang diajarkan.

“Ini merupakan salah satu ciri khas lain dari metode Gasing adalah anak-anak dapat melakukan perhitungan di luar kepala atau mencongak dengan cepat,”tutup Jaya Samaya Monong. (Ale)