DPRD Kotim Dorong Masyarakat Turut Bantu Korban Kebakaran Baamang

IST/BERITA SAMPIT- Anggota Komisi III DPRD Kotim, Dadang H Syamsu.

SAMPIT – Anggota Komisi III DPRD Kotawaringin Timur (Kotim) Dadang H Syamsu menyampaikan turut prihatin atas musibah kebakaran yang menimpa masyarakat Baamang Hulu, Kecamatan Baamang yang terjadi pada Kamis 13 April 2023 serta sejumlah kebakaran yang belakangan marak terjadi.

“Diketahui ada tujuh rumah yang terbakar di Baamang Hulu, kami harapkan saudara-saudara yang berkelebihan rezeki bisa meringankan beban saudara kita,” ucap Ketua Fraksi PAN ini, Jumat 14 April 2023

Dadang yang merupakan Anggota Dapil Baamang ini juga mendoakan agar para korban tetap diberi kesabaran dan ketabahan dalam menghadapi cobaan, serta rezeki diganti berkali-kali lipat.

Tak hanya Baamang Hulu, juga terjadi kebakaran di Jalan Muchran Ali pada 5 April 2023 menghanguskan delapan rumah, serta di Baamang Barat juga terjadi kebakaran pada Sabtu 8 April 2023 dua rumah hangus terbakar.

BACA JUGA:   Dinilai Merugikan Daerah, Dewan Desak Pemkab Cek Izin Galian C di Kecamatan Cempaga

“Untuk itu mari dalam bulan Ramadan ini kita bantu para korban dengan memberikan yang mereka butuhkan seperti pakaian layak pakai, sembako dan lainnya,” ujarnya.

Karena berdasarkan informasi yang diterima bahwa saat kejadian api begitu cepat melahap rumah dan mereka tak bisa menyelamatkan barang-barang berharga.

Pemerintah, Badan usaha, yayasan juga diimbau agar dapat berpartisipasi meringankan beban para korban kebakaran yang terjadi dini hari tersebut.

Ia menambahkan dari unsur pemerintah seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kotim, Dinas Pemadam Kebakaran, dan Dinas Sosial Kotim juga diharapkan turun ke lapangan untuk mendata kerugian dan dokumen penting yang terbakar.

BACA JUGA:   Jangan Sampai UU dan PP Kewajiban Plasma Hanya Macan Kertas Semata

“Ijazah, raport, surat tanah dan dokumen-dokumen penting lain agar diinventarisir yang turut terbakar. Sehingga itu bisa jadi perhatian serius dan tidak membuat kendala bagi mereka di kemudian hari,” pungkasnya.

Sebelumnya, diberitakan terjadi kebakaran yang menghanguskan tujuh rumah warga di Jalan Baamang Hulu 1, Kamis 13 April 2023 sekitar pukul 10.30 WIB

Bangunan kebanyakan terbuat dari kayu sehingga api dengan cepat menjalar dan korban tak sempat menyelamatkan harta bendanya. (Nardi)