Dewan Dorong Peningkatan Pendidikan dan Kesehatan

IST/BERITA SAMPIT - Anggota Komisi III DPRD Kalteng Sri Neni Trianawati

PALANGKA RAYA – Anggota Komisi III DPRD Kalteng Sri Neni Trianawati, mendorong, agar peningkatan pendidikan dan kesehatan di wilayah Kalteng dijadikan sebagai salah satu prioritas utama, yang diperhatikan oleh pemda baik provinsi, kabupaten dan kota.

Ia menjelaskan, pendidikan dan kesehatan yang layak merupakan salah satu kebutuhan masyarakat untuk meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan. Oleh karenanya hal ini patut menjadi perhatian serius pemda terutama terhadap pendidikan dan kesehatan di wilayah pelosok.

“Sektor pendidikan dan kesehatan ini memiliki peranan penting untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat, jadi perlu dijadikan sebagai prioritas perhatian, terutama bagi pendidikan dan kesehatan di wilayah pelosok atau pedesaan,” ucapnya melalui rilis yang diterima pada Senin, 17 April 2023.

BACA JUGA:   Apresiasi Penanganan Infrastruktur Jalan di Kalteng, Dewan Ingatkan Pemprov Titik Jalan Lainnya Juga Diperhatikan

Ia menambahkan, di Kalteng sendiri sampai saat ini utamanya di wilayah pelosok, masih banyak sarana dan prasarana atau fasilitas pendukung pendidikan dan kesehatan yang belum memadai. Sehingga hal itu, sangat mempengaruhi pelayanan kedua sektor tersebut.

“Kurang layaknya sarana pendidikan berpengaruh terhadap layanan atau proses belajar mengajar, begitu juga dengan kesehatan pelayanan kepada masyarakat tidak maksimal. Selain sarana, seperti halnya tenaga pendidik serta kesehatan banyak yang kekurangan, ini juga sangat berpengaruh,” jelasnya.

BACA JUGA:   Pembangunan Dari Pemerintah Harus Bisa Lebih Menyentuh Wilayah Pelosok

Oleh karena itu, dalam rangka mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) yang handal ujung tombaknya yaitu pendidikan dan kesehatan, apabila kedua hal tersebut tidak terpenuhi dengan baik maka untuk menghasilkan SDM handal yang mampu bersaing akan sangat sulit terwujud.

“Karena kedua sektor itu saling berkaitan, artinya didalam jiwa yang sehat maka untuk mencapai pendidikan hingga tingkat paling tinggi itu akan optimal, sebaliknya apabila tidak terpenuhi maka sulit untuk diwujudkan. Maka wajib bagi pemda memperhatikan peningkatan pendidikan dan kesehatan ini,” pungkasnya. (Hardi)