Legislator Kalteng Imbau Masyarakat Jaga Kelestarian Alam Kalteng

Hardi/BERITA SAMPIT - Legislator DPRD Kalteng Kuwu Senilawati

PALANGKA RAYA – Legislator DPRD Kalteng Kuwu Senilawati imbau masyarakat untuk dapat terus menjaga dan merawat kelestarian alam di Kalteng dengan baik, sehingga dimasa yang akan datang dapat dinikmati oleh anak cucu atau generasi selanjutnya.

Ia menjelaskan, dengan potensi alam yang melimpah tentu provinsi ini tidak kekurangan sedikitpun, akan tetapi dalam hal pemanfaatannya jangan sampai merusak, dan diharapkan agar dimanfaatkan dengan sebaik mungkin serta secukupnya tidak berlebihan yang dapat mengakibatkan kerusakan.

“Kekayaan alam kita di Kalteng, merupakan warisan yang harus dapat kita jaga dan lestarikan. Boleh memanfaatkannya tapi jangan sampai berlebihan, sebab itu dapat merusak kelestarian serta kehidupan ekosistem yang ada didalamnya,” ucapnya melalui rilis yang diterima pada Senin 17 April 2023.

BACA JUGA:   Peran Aktif Pemda Mengoptimalkan Potensi Daerah Sangat Penting

Ia menambahkan, menjaga dan merawat kelestarian alam juga dapat menghindarkan dari berbagai potensi bencana alam misalnya seperti banjir, tanah longsor dan sebagainya. Maka dari itu semua pihak harus dapat introfeksi diri jangan sampai melakukan hal-hal yang dapat merusak alam disekitar contohnya seperti eksploitasi hutan.

Ia juga mengingatkan kepada perusahaan besar swasta (PBS) baik perkebunan maupun pertambangan yang beroperasi di wilayah Kalteng, agar dapat mentaati aturan sesuai dengan perundang-undangan terkait menjaga dan melestarikan alam, jangan hanya mengeruk keuntungan saja tapi lupa dengan kewajiban.

BACA JUGA:   Pembangunan Jaringan Listrik di Wilayah Kalteng Agar Dikebut

“PBS apabila sudah tidak beroperasi lagi pada lahan yang digunakan, jangan ditinggal begitu saja, tapi reklamasi lahan itu supaya bisa kembali lestari seperti sedia kala. Kita juga mengingatkan kepada pemda apabila ada yang melanggar itu supaya diberikan sanksi sesuai aturan yang ada,” pungkasnya. (Hardi)