Simulasi Kesiapsiagaan Sebagai Upaya Antisipasi Karhutla

RAHUL/BERITA SAMPIT - Foto bersama Wali Kota Palangka Raya dan Wakil Wali Kota Palangka Raya bersama seluruh personel gabungan petugas siaga pencegahan Karhutla Kota Palangka Raya, di halaman Posubsektor Jekan Raya, Jalan Mahir Mahar KM 10, Rabu, 26 April 2023.

PALANGKA RAYA – Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin mengatakan bahwa Apel Hari Kesiapsiagaan Bencana merupakan peringatan dari BMKG dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

“Apel ini merupakan kesiapsiagaan Satgas Bencana apabila terjadi kebakaran hutan dan lahan,” ungkap Fairid saat menghadiri Apel dan Simulasi Peringatan Hari Kesiapsiagaan dan Peringatan Hari Otonomi Daerah XXVII, bertempat di Halaman Polsubsektor Jekan Raya Jalan Mahir Mahar Km 10 Kota Palangka Raya, Rabu 26 April 2023.

BACA JUGA:   Kalteng Ramadan Festival 1445 Hijriah Resmi Ditutup

Ia menegaskan bahwa Satgas Bencana Kota Palangka Raya telah siap dalam melakukan penanganan bencana.

“Dengan adanya simulasi ini, tentunya menegaskan bahwa Kota Palangka Raya telah siap menanggulangi bencana baik itu banjir dan terkhusus karhutla,” tutur Fairid.

Diketahui jumlah personel yang dilibatkan dalam penanggulangan bencana sebanyak 150 orang, yang terdiri dari gabungan TNI-Polri, Basarnas, Damkar, BPBD Kota Palangka Raya dan unsur lainnya.

BACA JUGA:   Ikuti Apel Siaga Pengamanan Pasokan dan Harga, Yuas Elko: Upaya Stabilisasi Harga Pangan Jelang Hari Besar

“Selain itu, tiap Kelurahan juga kami kerahkan dan siapkan Tim Serbu Api Kelurahan (TSAK), sehingga siapsiaga dalam mengantisipasi bencana,” ungkap Fairid.

Lebih lanjut, Fairid mengatakan tidak ada lagi alasan belum siap dalam melakukan penanganan bencana, sebab ini sebagai upaya Pemerintah menangani karhutla apabila terjadi.

“Karena saat ini cuaca sedang ekstrim, sehingga keberadaan TSAK ini sangat diperlukan dalam menanggulangi bencana kebakaran maupun banjir,” pungkas Fairid. (Rahul).