Tiga Hari Terakhir Palangka Raya Jadi Kota Terpanas, Suhu Capai 35,6 Derajat

IST/BERITA SAMPIT - Ilustrasi siang terik panas matahari.

PALANGKA RAYA – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Tjilik Riwut Kota Palangka Raya mencatat suhu panas beberapa hari terakhir di Kota Palangka Raya Kalimantan Tengah, capai suhu tertinggi.

Bahkan kondisi suhu panas ini sudah berlangsung selama tiga hari di Kota Palangka Raya. Hal itu dikatakan Kepala BMKG Kota Palangka Raya, Catur Winarti melalui Koordinator Bidang Data dan Informasi, Anton Budiyono.

BACA JUGA:   10 Orang Petugas RSUD Doris Sylvanus Sudah Diperiksa Polda Kalteng, Diharap Ada Penetapan Tersangka Kasus Dugaan Malapraktik

“Betul bahwa Kota Palangka Raya menjadi kota terpanas di Indonesia dengan suhu mencapai 35,6 derajat celsius,” ungkap Anton, Rabu 26 April 2023.

Anton menjelaskan, suhu panas tidak hanya terjadi di Indonesia saja, melainkan terjadi pula di India dan negara lainnya di Asia Selatan.

Bahkan suhu panas tersebut menyebar di China, Bangladesh, Myanmar, Thailand dan Laos.

Sedangkan untuk Indonesia sendiri suhu terpanas sempat tercatat terjadi di Ciputat dengan suhu maksimum 37 derajat celsius.

BACA JUGA:   Ini Pencapaian Demokrat Pada Pileg 2024, DPRD Kabupaten/Kota Turun Satu Kursi

Pihak BMKG mengimbau kepada masyarakat kota cantik Palangka Raya untuk tidak keluar pada jam-jam tertentu yang saat suhu sangat panas.

“Masyarakat diimbau untuk tidak banyak beraktivitas di luar ruangan mulai pukul 10.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB saat suhu udara sedang panas,” jelas Anton. (Rahul).