Geger! Warga Temukan Ular Piton Di Bawah Kandang Ayam 

IST/BERITA SAMPIT : Seekor ular piton yang kekenyangan di bawah kandang ayam milik warga Km 8 Jalan Trans Kalimantan Nanga Bulik.

NANGA BULIK – Warga Km (Kilometer) 8 Jalan Trans Kalimantan, Nanga Bulik gempar dengan adanya ular piton berukuran cukup besar yang berhasil diamankan oleh tim rescue Satpol PP dan damkar Kabupaten Lamandau dari bawah kandang ayam potong.

Ular tersebut tampak tidak bergerak saat ditemukan pertama kali oleh pemilik kandang. Diduga ular kekenyangan setelah berhasil memakan tiga ekor ayam sekaligus.

“Mungkin kekenyangan,sehingga saat melakukan penangkapan, kami tidak mendapatkan perlawanan yang berarti. Kekuatan ular hanya sekitar 50 persen, padahal dari segi ukuran lumayan besar,” ungkap plt. Satpol PP dan Damkar Kabupaten Lamandau, Aprimeno Sadbay, Minggu 30 April 2023.

BACA JUGA:   Pasar Murah Langkah Strategis Menekan Inflasi Selama Ramadan dan Idul Fitri

Ular piton tersebut memiliki panjang sekitar 3 meter dan berat 15 kg. Setelah ditangkap, ular tersebut kemudian dilepaskan di habitatnya.

“Mungkin kelaparan, sehingga ularnya sampai masuk ke pemukiman dan memakan ternak warga . Menurut laporan pemilik kandang, ayamnya memang cukup sering hilang , tapi baru kali ini tertangkap pelakunya,” tuturnya.

Dijelaskannya bahwa ular piton merupakan salah satu jenis ular yang sering ditemui di daerah Kalimantan karena habitatnya berada di hutan hujan tropis, sungai dan rawa. Ular ini tidak berbisa, namun tetap berbahaya karena lilitannya cukup kuat.

BACA JUGA:   Penjabat Bupati Lamandau: Safari Ramadan Mempererat Hubungan Pemerintah dan Desa

“Kami himbau kepada warga jika menemukan ular atau hewan berbahaya lain di rumah agar dapat menghubungi satpol PP dan damkar, tim rescue kami siap membantu tanpa pungutan biaya,” (Andre)