Menyambut HUT Gunung Mas ke-21,  Pemkab Akan Gelar Kegiatan di Setiap Kecamatan

IST/BERITA SAMPIT – Wakil Bupati Gunung Mas Efrensia L.P Umbing saat memimpin rapat pembahasan persiapan kegiatan HUT Gunung Mas ke-21 tahun.

KUALA KURUN – Pemerintah Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah menggelar rapat lanjutan persiapan Hari Jadi Kabupaten Gunung Mas yang ke-21 Tahun 2023, yang dilaksanakan di ruang rapat Kantor Bupati.

Rapat tersebut dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Gunung Mas Efrensia L.P Umbing  didampingi Plh. Sekda Richard, Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM Yansiterson dan Kepala Dinas Transmigrasi, Tenaga Kerja dan UMKM Sudin, selaku ketua panitia, dihadiri seluruh Kepala Perangkat Daerah, panitia penyelenggara dan Camat se Kabupaten Gunung Mas.

Wakil Bupati Gunung Mas Efrensia L.P Umbing menyampaikan, hasil rapat pada hari ini memfinalkan kegiatan-kegiatan yang ada di kecamatan yaitu kegiatan yang bermanfaat untuk masyarakat.

“Seperti gotong royong, lomba kebersihan, jalan sehat dan mungkin nanti ada panjat pinang, lari karung dan lainnya, nanti camat yang akan memfinalkan kegiatan mereka,” ungkap Efrensia L.P Umbing, Kamis 4 April 2023.

“Kita ingin hari ulang tahun Kabupaten Gunung Mas ini tidak hanya dirasakan di kabupaten saja, tapi di setiap kecamatan juga akan diadakan kegiatan, supaya mereka di kecamatan tahu bahwa ada hari ulang tahun Kabupaten Gunung Mas karena selama ini terus terpusat di Ibu Kota saja ” sambungnya.

BACA JUGA:   Keterlibatan Polwan Pada Tim Pelayanan SPKT Berikan Pendekatan Lebih Empatik

Sejarah Pembentukan Kabupaten Gunung Mas

Berdasarkan Keputusan Gubernur Provinsi Daerah Tingkat I Kalimantan Tengah Nomor : 14/Pem.186-C-2-3 tanggal 1 Oktober 1964, menetapkan Kecamatan dalam wilayah Pembentukan Kabupaten Administratif Kahayan Hulu dari enam menjadi tujuh kecamatan yaitu Kecamatan Kurun, Kecamatan Kapuas Hulu, Kecamatan Sepang, Kecamatan Tewah, Kecamatan Kahayan Hulu Utara, Kecamatan Rungan dan Kecamatan Manuhing.

Berdasarkan Keputusan Gubernur Provinsi Daerah Tingkat I Kalimantan Tengah Nomor : 17/Pem.1240-C-2-4 tanggal 1 Oktober 1964, status Kantor Persiapan Kabupaten Administratif Kahayan Hulu menjadi Kantor Pembentuk Kabupaten Kahayan Hulu, kemudian terjadi perkembangan lebih lanjut, pada tanggal 1 Mei 1965 terjadi perubahan nama dari Kabupaten Administratif Kahayan Hulu menjadi Kabupaten Administratif  Gunung Mas.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1974, Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 64 Tahun 1979 tanggal 28 April 1979 terjadi perubahan nama Kabupaten Administratif Gunung Mas menjadi Pembantu Bupati Kapuas Wilayah Gunung Mas. Pejabat Kepala Kantor Pembantu Bupati Kapuas wilayah Gunung Mas.

Di mana pada era reformasi dengan terbitnya Undang-undang Nomor 22 Tahun 1999 tanggal 7 Mei 1999, pemerintahan dan ibukota pembantu Bupati Kapuas wilayah Gunung Mas berubah status menjadi hanya sebagai ibukota Kecamatan Kurun.

BACA JUGA:   Inovasi Teknologi Daerah: Menuju Kabupaten Gunung Mas yang Lebih Maju

Sejalan dengan era reformasi dan terbitnya Undang-undang Nomor 22 Tahun 1999 merupakan angin segar untuk pembentukan Kabupaten baru. Kesempatan tersebut tidak disia-siakan oleh masyarakat Gunung Mas untuk memanfaatkan momen melalui “Deklarasi Masyarakat Gunung Mas” tanggal 21 Maret 2001 di Kuala Kurun yang meliputi enam kecamatan yaitu Kecamatan Kahayan Hulu Utara, Tewah, Kurun, Sepang, Manuhing dan Kecamatan Rungan.

Menetapkan hari Rabu tanggal 21 bulan Maret Tahun 2001 sebagai Hari Lahir Kabupaten Gunung Mas dengan Ibukota Kuala Kurun, dan mendesak Pemerintah Pusat untuk segera memproses pembentukan Gunung Mas, sesuai dengan Peraturan Perundang-undangan Republik Indonesia.

Dengan terbitnya Undang-undang Nomor 5 Tahun 2002 tanggal 10 April 2002 tentang Pembentukan di Provinsi Kalimantan Tengah pada tanggal 2 Juli 2002 diresmikan di Jakarta oleh Menteri Dalam Negeri Atas Nama Presiden Republik Indonesia, dan yang menjabat sebagai Penjabat Bupati Gunung Mas adalah Drs. Matlim Alang, dengan wakilnya Ir. Tito Rasad terhitung sejak tanggal 8 Juli 2002. (Ale)