Evaluasi Kunci Penanganan Karhutla

Hardi/BERITA SAMPIT - Legislator DPRD Kalteng Henry M. Yoseph

PALANGKA RAYA – Legislator Kalteng Henry M. Yoseph menyampaikan, kalau sampai terjadi lagi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), berarti antisipasi dari pemerintah daerah (pemda) itu kurang bagus dan perlu di evaluasi. Hal ini disampaikannya saat diwawancara di Kantor DPRD Kalteng, Selasa 16 Mei 2023.

Ia juga menambahkan, dalam antisipasi Karhutla bukan hanya penanganan saja, tapi perlu yang namanya evaluasi, terkait kekurangan selama ini dan lainnya.

“Kita sebenarnya sudah berpengalaman dalam menangani banjir, Karhutla sehingga tidak ada masalah sama sekali. Kalau ada kejadian langsung ditangani, oleh karena itu jangan tunggu-menunggu, karena itu menandakan kita belum siap,” ucapnya.

BACA JUGA:   Apresiasi Penanganan Infrastruktur Jalan di Kalteng, Dewan Ingatkan Pemprov Titik Jalan Lainnya Juga Diperhatikan

Oleh karena itu ia mengimbau agar selalu melakukan evaluasi, baik itu setiap tugas dan pekerjaan, setelah selesai lakukan evaluasi agar mengetahui apa saja yang kurang, sehingga hal itu bisa diperbaiki.

“Kalau yang bagus harus kita pertahankan, kalau bisa lebih bagus lagi. Oleh karena itu, jangan sampai tidak ada penilaian dan antisipasi,” jelasnya.

BACA JUGA:   Pembangunan Jaringan Listrik di Wilayah Kalteng Agar Dikebut

Apabila antisipasinya bagus, dirinya pikir hal itu tidak ada masalah, seperti contoh kebakaran sebelum menjadi besar harus ada antisipasinya, agar tidak membesar. Antisipasi itu berdasarkan pengalaman-pengalaman terdahulu seperti dana, tenaga ahli, peralatannya, dan pembagian tenaganya.

“Oleh karena itu, yang paling bertanggung jawab apabila terjadi kebakaran itu berada di kabupaten dan kota, karena kalau di provinsi itu sifatnya hanya koordinator dan back up apabila terjadi kekurangan di kabupaten dan kota,” pungkasnya. (Hardi)