Kaban BPSDM Kalteng Tutup Latsar CPNS Golongan II dan Golongan III

IST/BERITA SAMPIT - Kepala Badan (Kaban) Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Kalteng Sri Widanarni.

PALANGKA RAYA – Kepala Badan (Kaban) Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Kalteng Sri Widanarni menuturkan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah, memberikan apresiasi Pemerintah Kabupaten atas kepercayaannya yang telah mengirim peserta untuk mengikuti Pelatihan Dasar (Latsar) CPNS Golongan II dan Golongan III di BPSDM Provinsi Kalimantan Tengah.

Hal ini disampaikannya saat menutup secara resmi Pelatihan Dasar CPNS Gelombang I Golongan II Angkatan XX, XXI dan Golongan III Angkatan XXIII, XXIV dan XXV Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2023, bertempat di Aula BPSDM Provinsi Kalteng, Rabu 17 Mei 2023.

Dia menjelaskan, berdasarkan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN, dalam rangka mewujudkan tujuan Negara sebagaimana tercantum dalam Pembukaan UUD 1945, perlu dibangun ASN yang memiliki Integritas, Profesional, Netral, dan bebas dari Intervensi Politik, bersih dari praktek Korupsi, Kolusi dan Nepotisme, serta mampu menyelenggarakan Pelayanan Publik bagi masyarakat dan mampu menjalankan peran sebagai unsur Perekat Persatuan dan Kesatuan Bangsa.

BACA JUGA:   Abdul Razak Angkat Bicara Tentang Pertemuannya dengan Nadalsyah

“Sehubungan dengan hal itu, CPNS wajib menjalani masa percobaan yang dilaksanakan melalui proses pendidikan dan pelatihan terintegrasi, untuk membangun integritas moral, kejujuran, semangat dan motivasi, nasionalisme dan kebangsaan, karakter kepribadian unggul dan bertanggung jawab, dan memperkuat profesionalisme dan kompetensi bidang,” katanya.

Ia menambahkan, di tengah berbagai tantangan tersebut salah satu upaya untuk memperbaiki pelayanan publik dengan memberi bekal pengetahuan dan wawasan kepada aparatur, melalui pelatihan-pelatihan yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan memperluas wawasan serta menanamkan karakter sebagai perekat persatuan dan kesatuan bangsa, dengan menanamkan nilai-nilai Dasar ASN BerAKHLAK.

BACA JUGA:   Alian Masyarakat Kalteng Desak Kapolri Evaluasi Polda Kalteng

“Berorientasi Pelayanan, Akuntabilitas, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adapatif dan Kolaboratif dalam mewujudkan Kalteng semakin BERKAH yang Bermartabat, Elok, Religius, Kuat, Amanah dan Harmonis,” jelasnya.

Diketahui, peserta Pelatihan Dasar CPNS Golongan II Angkatan XX, XXI, dan Golongan III Angkatan XXIII, XXIV, XXV Provinsi Kalteng Tahun 2023 berjumlah 196 orang yang berasal dari Kabupaten Barito Selatan, Kabupaten Barito Timur dan Mahkamah Agung Republik Indonesia. (Hardi).