Kalteng Job Fair Solusi Menekan dan Mengurangi Angka Pengangguran

Hardi/BERITA SAMPIT - Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi, Keuangan, dan Pembangunan Yuwas Elko

PALANGKA RAYA – Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi, Keuangan, dan Pembangunan Yuwas Elko menyampaikan, masalah pengangguran perlu mendapatkan perhatian serius. Apalagi laju pertumbuhan angkatan kerja di Indonesia cukup tinggi, ditambah lagi dampak besar akibat pandemi Covid-19 yang melanda tiga tahun terakhir. Hal ini disampaikannya saat memberikan sambutan kegiatan Job Fair di Taman Budaya Kalimantan Tengah, Rabu 17 Mei 2023.

“Selain karena kurang berimbangnya pertumbuhan angkatan kerja dengan jumlah lapangan pekerjaan yang tersedia, kurangnya media penyampaian informasi kepada masyarakat pencari kerja juga ikut andil terhadap meningkatnya angka pengangguran,” ucapnya.

BACA JUGA:   Nuryakin Berharap Kedepannya PMI Semakin Baik dan Berkontribusi Pada Program Kemanusiaan

Diselenggarakannya kegiatan Pameran Kesempatan Kerja atau Kalteng Job Fair ini tentunya merupakan salah satu solusi yang ingin dihadirkan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah untuk menekan dan mengurangi angka pengangguran.

“Melalui pameran Bursa Kerja ini, diharapkan bisa membantu masyarakat Kalimantan Tengah untuk memperoleh informasi lapangan pekerjaan yang tersedia, khususnya di wilayah Kalimantan Tengah, yang sesuai dengan kualifikasi/persyaratan dan kemampuan yang dimilikinya,” harapnya.

Terlebih lagi, dalam Pameran Bursa Kerja ini tadi telah disaksikan juga launching aplikasi online berbasis web kerjaberkah.kalteng.go.id, yang tentunya akan semakin memudahkan masyarakat Kalimantan Tengah untuk dapat mengakses informasi lowongan pekerjaan, dimanapun dan kapanpun.

BACA JUGA:   Nuryakin Berharap Pasar Murah akan Meningkatkan Daya Beli Masyarakat

“Seperti yang tadi telah dilaporkan, sebanyak 34 Perusahaan yang berlokasi di Kalimantan Tengah ikut berpartisipasi dalam kegiatan Job Fair kali ini. Tersedia kurang lebih 30 jenis macam jabatan/pekerjaan dan lowongan kerja untuk sekitar 1.500 orang,” ungkapnya.

Oleh karena itu, kepada seluruh warga masyarakat, terutama para pencari kerja, manfaatkan sebaik-baiknya kesempatan Kalteng Job Fair ini. Pilih pekerjaan sesuai keinginan dan kriteria yang dipunyai. Persiapkan diri betul-betul menghadapi panggilan tes, dan jika nanti diterima, bekerjalah dengan penuh tanggung jawab. (Hardi)