Pemprov Kalteng Tunjuk Dua Sekda Sebagai Plh Bupati Kobar dan Barsel

SYAUQI/BERITASAMPIT - Sekda Kalteng H Nuryakin.

PALANGKA RAYA – Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) secara resmi menunjuk Pelaksana Harian (Plh) Bupati Kotawaringin Barat (Kobar) dan Bupati Barito Selatan (Barsel).

Penunjukan PLH Bupati di dua kabupaten di Kalteng tersebut buntut dari penolakan Masyarakat Peduli Pemimpin Putra Daerah (MP3D) yang menolak pelantikan Penjabat (Pj) Bupati Kobar dan Barsel di Aula Jayang Tinggang kantor Gubernur Kalteng. Senin 22 Mei 2023.

Sekretaris Daerah Sekda Kalteng, H Nuryakin mengatakan untuk mengisi kekosongan jabatan Bupati Kobar dan Barsel, Pemprov menunjuk Sekda Kobar dan Sekda Barsel sebagai Plh Bupati.

“Untuk mengisi kekosongan jabatan Bupati di Kabupaten Barito Selatan dan Kabupaten Kotawaringin Barat ditunjuk Plh Bupati yaitu, Plh Bupati Barito Selatan, Sekda Barsel Edy Purwanto, Plh Bupati Kotawaringin Barat, Sekretaris Daerah Kabupaten Kotawaringin Barat Juni Gultom,” ungkapnya.

BACA JUGA:   Usai Melantik, Sekda Kalteng Berpesan Tingkatkan Pelayanan Publik

H Nuryakin menjelaskan, jika situasi Kamtibmas dan politik sudah aman maka pelantikan Pj Bupati Kobar dan Barsel akan dilakukan pada kesempatan pertama.

“Apabila Gubernur menganggap kondisi kamtibmas dan situasi politik sudah aman, maka Pelantikan Pj Bupati Barito Selatan dan Pj. Bupati Kotawaringin Barat beserta Ketua TP PKK akan dilakukan pada kesempatan pertama,” pungkasnya.

Sebelumnya, Masyarakat Peduli Pemimpin Putra Daerah (MP3D) melakukan aksi damai menolak pelantikan Penjabat (Pj) Bupati Kobar dan barsel di Aula Jayang Tinggang kantor Gubernur Kalteng.

Masa aksi sekitar 20 puluh orang menyampaikan tuntutan terhadap Menteri Dalam Negari (Mendagri) yang disampaikan melalui Gubernur dan DPRD Kalteng yang menolak pelantikan PJ Bupati Kobar dan Barsel.

BACA JUGA:   Evaluasi Perkembangan dan Penerapan Demokrasi, Kesbangpol Kalteng Gelar FGD

Menurutnya penolakan pelantikan PJ Bupati Kobar dan Barsel Lantaran tidak memilih putra putri terbaik daerah untuk mengisi jabatan Pj Bupati.

“Kami menolak pelantikan Pj Bupati ini, kami meminta menteri dalam negeri untuk meninjau ulang penetapan Pj Bupati,” kata salah satu masa aksi, Adi A Noor.

Bahkan mereka mengultimatum akan menyegel kantor bupati kobar dan barsel bilamana Pj Bupati Kobar dan Barsel dilantik di Jakarta.

“Kalau di lantik di jakarta jangan salahkan kami akan menyegel kantor bupati Barito Selatan. Begitu juga bagi kantor bupati kobar,” ucapnya.

Dari informasi yang di himpun, Pj Bupati Barito Selatan Lisda Aryani sedianya akan digantikan oleh Deddy Winarwan. Sedangkan Pj Bupati Kotawaringin Barat Anang Dirjo akan digantikan oleh Budi Santosa.

(Syauqi)