Hari Raya Idul Adha 2023 Tinggal Menunggu Hitungan Hari, Ini Yang Dilakukan Dinas Pertanian Kobar

IST/BERITA SAMPIT - Tampak penyuluh dari Dinas Pertanian Kobar saat memberikan sejumlah materi dalam kegiatan Pelatihan Petugas Pemeriksa Kesehatan Hewan Qurban.

PANGKALAN BUN – Hari Raya Idul Adha atau Hari Raya Qurban tahun 1444 Hijriah, 2023 tinggal menghitung hari, menyusul inilah yang dilakukan Dinas Pertanian Kabupaten Kobar, yakni telah menggelar kegiatan Pelatihan Petugas Pemeriksa Kesehatan Hewan Qurban, yang akan diterjunkan kelapangan untuk memeriksa kesehatan hewan qurban.

“Pelatihan pemeriksaan kesehatan hewan qurban, kegiatannya dilaksanakan pada Senin lalu, diikuti sekitar 83 peserta. Adapun tujuan pelatihan adalah sebagai bentuk tanggung jawab pemerintah dalam penjaminan daging kurban yang aman, sehat, utuh dan halal (ASUH)”, Kabid Kesehatan Hewan Dina Pertanian Kobar, Veteriner Hotni Afrita Purba, dikutip Minggu 11 Juni 2023.

Maka, lanjutnya dia setelag para petugas terjun ke lapangan akan tercapai ketentraman batin masyarakat yang menerima daging qurban, karena dagingnya sudah steril sehat dan layak untuk dimakan.

BACA JUGA:   Kapolres Kobar Hadiri Launching Rute Baru Maskapai Batik Air

“Selain itu, kegiatan ini juga untuk mencegah terjadinya penularan dan penyebaran penyakit hewan menular strategis (PHMS), dilingkungan masyarakat peternak hewan, juga mereka para petugas sudah dibekali materi tentang pemeriksaan hewan sebelum disembelih (ante mortem) dan pemeriksaan setelah disembelih (post mortem),” kata Hotni Purba.

Lebih lanjut Hotni menjelaskan, pada pemeriksaan ante mortem petugas memeriksa kondisi tubuh hewan kurban, memastikan hewan sudah cukup umur dengan cara memeriksa gigi hewan, kemudian melihat apakah hewan terinfeksi PMK, atau penyakit lainnya.

“Pada pemeriksaan post mortem petugas memeriksa hati, paru dan daging untuk memastikan daging aman dan layak untuk dikonsumsi. Dan manfaat dari kegiatan pelatihan akan menjamin pemotongan hewan kurban yang higienis dan baik, menjamin ketersediaan daging hewan kurban yang aman,sehat, utuh dan halal, memasyarakatkan program keamanan daging,” Imbuhnya.

BACA JUGA:   Celoteh Pedagang Nasi dan Bubur Sum-Sum: Harga Beras Kalau Sudah Naik Tidak Bakalan Turun Lagi

Pelatihan diselenggarakan selama dua hari mulai tanggal 5-6 Juni 2023. Pelatihan hari pertama diperuntukkan bagi petugas pemeriksaan kesehatan hewan kurban di wilayah kerja Kecamatan Arut Selatan, Kecamatan Kotawaringin Lama, dan Kecamatan Kumai.

“Adapun Tim Petugas pemeriksaan Kesehatan Hewan Kurban Kabupaten Kobar Tahun 2023 terdiri dari 9 orang dokter hewan, 34 orang penyuluh pertanian, 16 orang jabfung/pelaksana/tenaga non ASN pada Dinas Pertanian serta 24 orang petugas yang berasal dari tiap kecamatan,” pungkas Veteriner Hotni Afrita Purba. (Man).