Kalteng Memiliki Laut yang Potensial, Dewan Minta Perketat Pengawasan di Bidang Kelautan dan Perikanan

Hardi/BERITA SAMPIT - Anggota DPRD Kalteng Yohannes Freddy Ering

PALANGKA RAYA – Anggota DPRD Kalteng Yohannes Freddy Ering meminta kepada pemerintah daerah (pemda) di provinsi Kalteng untuk dapat memperketat pengawasan pada bidang kelautan dan perikanan di Kalteng.

Ia menjelaskan, Kalteng kaya akan Sumber Daya Alam (SDA) khususnya pada bidang kelautan dan perikanan. Sehingga, sangat rawan terhadap potensi pencurian utamanya ikan yang ada di wilayah laut.

“Di sejumlah daerah di Kalteng memiliki laut yang potensi perikanannya sangat menjanjikan. Namun, itu sangat rawan terhadap aksi pencurian oknum-oknum nelayan dari luar provinsi,” ucapnya.

BACA JUGA:   Penguatan Ketahanan Pangan Dapat Memberikan Dampak Positif

Ia menambahkan, pengawasan terhadap potensi pencurian hasil SDA laut ini perlu diperketat oleh pemda di Kalteng bekerja sama dengan aparat penegak hukum agar potensi laut itu bisa dinikmati nelayan lokal.

Ia juga menjelaskan, aksi pencurian ikan ini patut ditegakkan secara hukum agar potensi perikanan di Kalteng tidak mengalami kerugian. Terlebih ikan di Kalteng dikenal memiliki banyak jenis dan kaya akan sumber daya ikan.

BACA JUGA:   DPRD Kalteng Bahas Empat Raperda Inisiatif

“Oleh karena itu, upaya pengawasan dan penegakan hukum di bidang kelautan dan perikanan harus dilakukan supaya daerah dan masyarakat tidak rugi. Kita mendorong pemda terus mengupayakan hal itu,” tandasnya. (Hardi)