Pendaftaran Bakal Calon Anggota Bawaslu Kabupaten Kota di Kalteng Diperpanjang, Catat Tanggalnya

IST/BERITA SAMPIT - Skema pengumuman perpanjangan masa pendaftaran calon anggota Bawaslu Kabupaten Kota Provinsi Kalimantan Tengah, periode 2023-2028.

SAMPIT – Masa perpanjangan pendaftaran bakal calon (balon) anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Kota Provinsi Kalimantan Tengah, mulai hari ini 13 Juni 2023, kembali dibuka mengingat hampir di seluruh wilayah belum memenuhi kebutuhan Komusioner, terutama pada kuota perempuan.

Salah satunya pada Wilayah III yang mencakup Kabupaten Kotawaringin Timur, Kotawaringin Barat, Seruyan, Lamandau dan Sukamara. Dan di masa perpanjangan pendaftaran ini masih dibuka untuk seluruh Kabupaten.

Ketua Tim Seleksi Wilayah III Muhamad Indra menjelaskan, perpanjangan dilakukan karena pendaftar belum mencapai kebutuhan Komisioner Bawaslu di setiap Kabupaten dan belum memenuhi 30 persen keterwakilan perempuan dalam tahapan penjaringan.

BACA JUGA:   Bupati Kotim Akan Panggil Kadis yang Enggan Jawab Pertanyaan Wartawan

“Masih ada yg belum mencapai target kebutuhan, meski ada yang sudah mencapai target 8xkebutuhan tapi belum mencapai 30 persen keterwakilan perempuan,” jelas Indra, saat dikonfirmasi media ini

“Untuk wilayah III khusus pendaftar perempuan hanya Kabupaten Lamandau,” lanjutnya

Dari perubahan jadwal seleksi, masa perpanjangan pendaftaran dibuka selama delapan hari yakni dari Selasa tanggal 13 sampai dengan Rabu 21 Juni 2023.

“Setelah melalui tahap pendaftaran, selanjutnya dokumen peserta akan dilakukan verifikasi keabsahan berkas yang akan dimulai pada tanggal 22 sampai 23 Juni 2023,” terang Indra.

BACA JUGA:   Kelompok Tani di Cempaga Tegas Meminta PT BSP Segera Selesaikan Ganti Rugi Lahan yang Belum Dibayar

Setelah melalui tahapan verifikasi, selanjutnya hasil penelitian atau seleksi berkas adminisntrasi para perserta akan diumumkan pada Sabtu 24 Juni 2023.

Seluruh peserta yang berkasnya lengkap dan memenuhi syarat, proses selanjutnya akan menjalani tes tertulis calon anggota Bawaslu pada tanggal 26-28 Juni, dilanjutkan tes Psikologi dari tanggal 30 Juni sampai dengan 3 Juli 2023.

“Untuk pengumuman lulus tes tertulis dan Psikologi akan disampaikan pada tanggal 10 dan 11Juli 2023,” pungkasnya. (ilm)