Peringati Hari Lansia, Bupati: Lansia di Kotim Meningkat, Membuktikan Masyarakat Sejahterah

IBRAHIM/BERITA DAMPIT - Bupati Kotim bersama lanjut usia saat memperingati hari jadi lanjut usia, Selasa 13 Juni 2023.

SAMPIT – Bupati Kotawaringin Timur (Kotim) Halikinnor menghadiri acara peringatan hari lanjut usia (lansia) nasional ke-27 tahun 2023. Peringatan ini diberi tema “Lansia terawat, Indonesia bermartabat”.

Halikinnor menyampaikan peringatan hari lanjut usia bertujuan untuk mengapresiasi semangat jiwa, peranan penting dan strategis oleh para penduduk lanjut usia yang ada di indonesia. Begitupun di Kotim sendiri berdasarkan angka yang diolah badan pusat statistik pada tahun 2021, bahwa angka harapan hidup masyarakat adalah 69,85 tahun.

“Jumlah lansia di Kotim sendiri meningkat, membuktikan tingkat kesejahteraan masyarakat meningkat dan pemerintah daerah telah menyiapkan posyandu-posyandu lansia di tingkat kabupaten maupun kecamatan dan desa,” ujar Halikinnor, Selasa 13 Juni 2023.

BACA JUGA:   Lapak Pengepul CPO Ilegal di Sampit Menjamur, Disinyalir Terima Penggelapan

Halikinnor mengharapkan kepada siapapun yang memiliki orang tua harus merawat dan menjaga mereka karena itu adalah berkah bukan menjadikan sebagai beban. Kata Halikin andai tidak ada orang tua kita mungkin ada di dunia.

“Di Kabupaten Kotim sendiri masih banyak lansia yang mengabdikan dan mendedikasi dirinya untuk masyarakat dan menjadi motivasi untuk masyarakat luas untuk bagaimana merawat dan menjaga kesehatannya,” jelasnya.

Menurut lanjut usia perlu diberikan kesibukan yang menunjang aktivitas motorik, juga dari segi pemberdayaan turut serta aktif dalam berbagai aktivitas sosial dan keagamaan. jadikan lingkungan keluarga sebagai tempat yang aman dan nyaman untuk lansia dalam mendapatkan kebahagiaan. karena lansia lebih bahagia bersama keluarga.

BACA JUGA:   Dua Spesialis Curanmor di Sampit Dibekuk Polisi

“Walaupun kita sadari terdapat permasalahan yang dialami lanjut usia pada umumnya adalah menurunnya tingkat kesehatan dan fungsi motorik pada dirinya. pada usia lanjut umumnya juga mengalami hambatan untuk melakukan komunikasi baik dengan keluarga maupun lingkungan,” tuturnya.

Sementara ketua Panitia pelaksana menyampaikan peringatan hari lansia ini merupakan hal yang penting untuk mengapresiasi dan mendukung mereka untuk terus berjuang menjaga dan merawat mereka untuk tetap sehat.

“Tujuan pelaksanaan untuk membuka kesadaran masyarakat pentingnya apresiasi terhadap lansia untuk meningkatkan kepedulian dan pengarahan,” kata Hairiyah.

(Ibra)