Kemenag Bartim: Jamaah Haji Kloter 5 Embarkasi Banjarmasin Sudah Berada di Mekah

IST/BERITASAMPIT - Rombongan jamaah haji Kloter lima BDJ saat berada di Tanah Suci

TAMIANG LAYANG – Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Barito Timur (Bartim) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) H.Ahmadi, S.Ag melalui Staff Penyelenggara Haji dan Umrah, Muhammad Sahur mengatakan bahwa saat ini jemaah haji kloter Lima BDJ asal tiga kabupaten yaitu Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Lamandau dan Barito Timur sudah sampai di Mekah dan melaksanakan beberapa tuntunan ibadah.

“Jemaah kloter lima BDJ sudah di Makah dan sudah melakukan tawaf umrah, Ini gabungan jemaah 3 kabupaten Kabaupaten Kotawaringin Barat, Kabupten Lamandau dan Kabupaten Barito Timur,” tutur Sahur menjelaskan kondisi terkini, Rabu 14 Juni 2023.

BACA JUGA:   Dishub Bartim Fasilitasi Pemudik Jelang Lebaran

Sahur juga mengatakan bahwa tim kesehatan berperan penting saat ini dimana ada jamaah yang sakit perut dapat ditangani sehingga bisa melanjutkan ibadah.

“Secara kesehatan ada beberapa yang sakit perut, namun sudah ditangani oleh tim kesehatan, ada juga yang pakai Kursi Roda dari Bartim ada yang tawafnya belakangan, karena menggunakan jasa kusus untuk mendorong kursi roda yang disediakan disana,” ujarnya.

Menurutnya, saat ini di Mekah sangat padat sehingga ada beberapa rombongan yang terpisah sehingga petugas haji bergerak cepat untuk mencari keberadaannya.

“Infonya terkini saking padatnya di Masjidil Haram ada jemaah yang tapisah dari rombongan, Alhamdulillah sudah diantarkan oleh petugas haji ke hotel dan jemaah tersebut belum menyelesaikan tawaf,” ujarnya.

BACA JUGA:   Penjabat Bupati Bartim Harap Ketua KONI Terpilih Mampu Memberikan Dampak Baik Bagi Olahraga

“Bagi yang belum melaksanakan tawaf maka bisa dilaksanakan pada hari esok. Saat ini jemaat  haji menginap di Hotel Ro’ya Al Hasmiah,” ujarnya.

Adapun keterangan dari keluarga jemaah haji asal Desa Magantis, Bastian mengatakan bahwa saat ini keponaknnya Erwin sudah berada di Mekah.

“Pada tanggl 2 Juni sudah berangkat waktu itu 8 hari di Jedah dan sekarang tanggal 14 sudah di Mekah, untuk jamaah Indonesia diberikan tanda dengan gelang dilengan,” tutupnya.

(Redha)