Polres Kobar Revitalisasi Istana Kuning Kerajaan Kutaringin Pangkalan Bun, Pangeran Arsadjidinsyah Ucap Terimakasih

IST/BERITA SAMPIT - Kegiatan Kapolres saat berada di lokasi Istana Kuning Pangkalan Bun, foto bersama dengan Pangeran Arsadjidinsyah.

PANGKALAN BUN – Masih dalam suasana memperingati Hari Bhayangkara Ke 77-2023 Polres Kotawaringin Barat, melakukan aksi bakti sosial dengan gotong royong melakukan Revitalisasi di kawasan Istana Kuning, gerakan tersebut di pimpin langsung oleh Kapolres Kobar AKBP Bayu Wicaksono dan didampingi Waka Polres Kobar Kompol Wihelmus Helky.

“Agenda ini merupakan suatu bentuk kepedulian Polri terhadap keberadaan situs kebudayaan, karena Keraton Istana kuning merupakan situs yang harus di lestarikan, keberadaan Istana Kuning ini melambangkan kerukunan dan kekompakan masyarakat Kobar, dan kegiatan ini sudah kami laporkan ke tingkat mabes Polri,” Kapolres Kobar AKBP Bayu Wicaksono, Jumat 16 Juni 2023.

Kapolres menyampaikan juga, kegiatan Revitalisasi di Istana Kuning ini di lakukan baik dalam dan luar, untuk bagian luar dengan melakukan pengecatan secara menyeluruh, selain itu melakukan pembersihan, sehingga dari luar akan nampak keindahan.

BACA JUGA:   Kapolres Kobar Sambut Kedatangan Menteri Perhubungan di Bandara Iskandar

“Selain itu juga akan kita ganti tanaman yang ada dalam kawasan istana kuning yang tentunya atas Ijin Pangeran baik Pangeran Muasdjidinsyah maupun Pangeran Alidinsyah, karena kami inginkan keberadaan kami ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat,” Ujar Bayu Wicaksono.

Revitalisasi lainnya lanjut Kapolres, juga akan di lakukan peningkatan penerangan dan perbaikan pada toilet umum yang ada di kawasan Istana Kuning, yang lebih lagi, Polres Kobar juga akan mempoles cantik keberadaan UMKM Alun alun istana kuning, sebab keberadaannya satu kesatuan dengan Keraton Istana kuning.

“Setelah seluruh sektor istana kuning ini kami Revitalisasi, kami berkeyakinan wisatawan yang datang akan merasa lebih nyaman, karena Istana kuning ini merupakan salah satu destinasi wisata budaya dan religi yang selalu di kunjungi oleh Wisatawan, dengan demikian kami sangat mendukung program pemerintah dalam pengembangan sektor pariwisata,” Imbuh Bayu Wicaksono.

BACA JUGA:   Kasus Tindak Pidana Kejahatan Oknum Kades Runtu Paling Unik di Provinsi Kalteng

Sementara itu Pangeran Ratu Alidin Sukma Alamsyah menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kapolres Kobar bersama jajarannya, yang telah memberikan sumbangsihnya, untuk kelestarian Istana kuning yang merupakan situs budaya.

“Kami sangat bangga, atas perhatian dan Kontribusi dari bapak Kapolres Kobar, mengingat kami ini memiliki keterbatasan dalam memperindah ataupun merevitalisasi peninggalan dari Kesultanan Kutaringin, kami sangat terbuka,” Ujar Pangeran Alidinsyah. (MAN).