PT IMK Fasilitasi Guru SMKN 1 Tanah Siang Magang Jurusan Geologi Pertambangan

IST/BERITA SAMPIT- Kedua orang guru saat mengikuti magang di Site PT IMK.

PURUK CAHU – PT Indo Muro Kencana (IMK) memfasilitasi guru SMKN 1 Tanah Siang untuk mengikuti kegiatan magang di site PT IMK. Kegiatan ini diikuti oleh dua orang guru dari jurusan geologi pertambangan.

Manajer CSR PT IMK, Budhi Bakti mengatakan, kegiatan ini merupakan usulan dari SMKN 1 Tanah Siang untuk dapat memfasilitasi kegiatan magang guru di site PT IMK.

“Tentu kami menyambut baik usulan tersebut dengan menjadwalkan kegiatan magang di departemen terkait sesuai kebutuhan dari pihak SMK. Kegiatan magang ini dilakukan selama total 17 hari dengan bimbingan langsung dari masing-masing tim ahli di masing-masing departemen,” kata Budhi Bakti, Minggu 18 Juni 2023.

Lebih lanjut Budhi mengatakan, kegiatan magang ini dilakukan di Departemen Mine Geo Services (MGS)-sub bidang Survey dan Departemen Mining-sub bidang Drill and Blast dengan masing-masing waktu magang 14 dan 3 hari. Hal ini sesuai dengan usulan dari pihak SMK untuk mendalami kompetensi di bidang Pemetaan Topografi dan Geologi serta Teknik Peledakan dan Pengeboran.

BACA JUGA:   Sekda Kalteng Sambangi Murung Raya, Pastikan Program Pasar Murah Kebijakan Gubernur Tepat Sasaran

Sementara Kepala SMKN 1 Tanah Siang, Edy Purnomo mengucapkan berterima kasih dan apresiasi kepada PT IMK yang sudah memfasilitasi kegiatan magang ini.

“Kegiatan ini didasari atas pemikiran mengenai pentingnya menambah pengalaman guru dalam peningkatan kompetensi kejuruan di bidang geologi pertambangan yang nantinya dapat disampaikan dalam pembelajaran sehari-hari dengan siswa di SMKN 1 Tanah Siang,” ujar Edy Purnomo

Edy menambahkan, tujuan dari kegiatan ini ialah selain untuk menambah pengalaman bagi guru, tetapi guru juga dapat melihat aktualisasi dan kemajuan teknologi yang belum pernah dipelajari secara aktual. Yang mana guru sudah seharusnya mengikuti perkembangan zaman serta tuntutan persaingan yang semakin ketat bagi lulusan SMK di dunia kerja.

BACA JUGA:   Pasar Murah Kalteng, Patok Harga Beras 10 Kg Cukup Bayar Rp20.000

“Selama magang di PT IMK, saya banyak belajar. Banyak hal baru yang sebelumnya belum pernah saya ketahui saya dapatkan di saat magang. Terlebih perkembangan yang ada juga mengakibatkan beberapa teori mengalami perubahan dalam praktik di lapangan,” ujar Weldu selaku salah satu guru yang mengikuti kegiatan magang

Weldu juga berharap, ia bersama rekannya dapat menumbuhkan kreasi dan inovasi dalam penyampaian materi di kegiatan belajar-mengajar agar sesuai dengan aktualisasi dan kemajuan zaman.

“Tetapi yang pasti, kegiatan ini menambah pengalaman saya dalam aktualisasi teori dalam praktik di lapangan terlebih kegiatan magang ini merupakan pertama kali dilakukan oleh sekolah bekerja sama dengan perusahaan pertambangan,” tutup Weldu.(Lulus)