Kamrussamad: Muswil HIPKA Diharapkan Dorong Pertumbuhan Ekonomi Berkualitas di Kalteng

RAHUL/BERITA SAMPIT - Ketua Umum BPP HIPKA, H. Kamrussamad (kanan) saat memberikan buku kepada Asisten Ekbang Setda Provinsi Kalteng, Leonard S. Ampung pada pembukaan Muswil ke-II Hipka Provinsi Kalteng, bertempat di Ballroom Lantai 3 Aquarius Boutique Hotel Palangka Raya, Jalan Imam Bonjol, Sabtu, 24 Juni 2023.

PALANGKA RAYA – Himpunan Pengusaha KAHMI (HIPKA) Kalimantan Tengah mengadakan Musyawarah Wilayah Ke II, dan Seminar Nasional melibatkan Bursa Efek Indonesia, serta Lembaga Keuangan Negara yakni Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan BLU Kemenkeu RI Pusat Investasi Pemerintah (PIP).

Tentunya hadirnya acara ini adalah dalam rangka sinergitas dengan pemerintah untuk terus menjaga momentum pemulihan ekonomi Indonesia.

Ketua Umum BPP HIPKA, H. Kamrussamad mengatakan Ekonomi di Kalimantan Tengah sangat penting dalam menyokong kebutuhan Pangan menyambut IKN.

“Kita paham bahwa Potensi Besar Kalteng di bidang Pertanian dan Perkebunan adalah seKtor utama yang dapat menyokong kebutuhan pangan menyambut Ibu Kota Negara (IKN), Sektor Pertanian dan Perkebunan di Kalimantan Tengah telah menjadi sektor utama penyerap Tenaga Kerja dengan serapan tenaga kerja sebesar 35,29% kontribusi,” ujarnya saat kegiatan Muswil ke-II Hipka Kalteng, bertempat di Ballroom Lantai 3 Aquarius Boutique Hotel Palangka Raya, Jalan Imam Bonjol, Sabtu, 24 Juni 2023.

BACA JUGA:   Pasar Murah Kalteng, Patok Harga Beras 10 Kg Cukup Bayar Rp20.000

Selain itu juga disampaikan peran DPR RI telah mendorong beberapa regulasi yang dapat meningkatkan pertumbuhan Ekonomi Berkualitas secara Nasional, antara lain Menyetujui UU P2SK, Menyetujui UU HKPD, Memberikan Persetujuan dalam Kebijakan Fiskal, Menyetujui Kenaikan Plafon Pembiayaan UMKM dan Mendorong OJK agar mewujudkan Pebankan Nasional yang Efisien serta Penyaluran Kredit ke Sektor – sektor Strategis Produktif.

“Kami di Komisi XI DPR RI paham bahwa kebijakan-kebijakan strategis sangat diperlukan untuk mendorong Pertumbuhan Ekonomi yang Berkualitas agar momentum pertumbuhan ekonomi terus terjaga dengan baik, diantaranya kami telah menyetujui UU P2SK untuk memperkuat sistem industri keuangan, menyetujui UU HKPD untuk mendorong perimbangan Keuangan antara Pusat dan Daerah, memberikan persetujuan dalam Kebijakan Fiskal melalui Transfer Keuangan Daerah (TKD) termasuk Dana Desa, menyetujui kenaikan Plafon Pembiayaan UMKM melalui KUR senilai 360 Triliun di tahun 2023 dan mendorong OJK agar maksimal memprioritaskan penyaluran kredit di Sektor Produktif seperti pertanian, peternakan, perdagangan, perkebunan dan pertambangan,” bebernya.

BACA JUGA:   Begini Kata Kepala BPSDM Kalteng Mengenai Renovasi Bangunan Kantor BPSDM

Dalam momentum ini juga, HIPKA juga aktif mendorong para Pelaku Usaha di Kalimantan Tengah dan Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

“Untuk mendapatkan akses permodalan, dan meningkatkan Literasi Pasar Modal untuk UMKM, di tengah antusiasme masuk pasar bursa di tahun 2023,” tandasnya.

Untuk diketahui, HIPKA adalah Himpunan Pengusaha KAHMI, merupakan organisasi bisnis dari kalangan pengusaha muslim yang berhimpun di Kadin Indonesia. Berdirinya HIPKA dilatarbelakangi kebutuhan bagi warga Korps Alumni HMI (KAHMI), yang memiliki SDM akademis intelektual untuk mengembangkan potensi yang dimiliki selama ini. (Rahul).